Kembali Mengabdi kepada Masyarakat, Civitas INSTIKI Berinovasi Bantu UMKM Perajin Perak!

Kembali Mengabdi kepada Masyarakat, Civitas INSTIKI Berinovasi Bantu UMKM Perajin Perak!

Kembali mengabdi kepada masyarakat, civitas INSTIKI berinovasi melalui teknologi untuk membantu UMKM CV. Ayuna Silver lewat program Pengabdian kepada Masyarakat (PKM).

Civitas INSTIKI yang beranggotakan dosen INSTIKI, Ayu Manik Dirgayusari, S.Kom., M.MT, Ir. I Gede Andika, M.Kom, Ir. I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, S.T., M.T, Ni Kade Ayu Nirwana, S.Pd., M.M, bersama dengan mahasiswa INSTIKI I Made Adi Wiradana, mengabdi kepada masyarakat lewat terobosan inovasinya yang berjudul “Pembuatan Rak Pada CV. Ayuna Silver untuk Membantu Mengatur Letak Cetakan Cincin”.

Di Bali khususnya Desa Celuk Kabupaten Gianyar, terdapat lebih dari 300 perajin perak yang masih aktif menurut data dari Disperidag Kabupaten Gianyar. CV. Ayuna Silver adalah salah satu perusahaan manufaktur di Bali yang bergerak di bidang pembuatan kerajinan perak dan aksesoris yang terletak di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar.

PKM ini berawal dari CV. Ayuna Silver yang mengalami kesulitan dalam efektifitas dan efisiensi pencarian cetakan karet untuk memproduksi perhiasan silver. Cetakan karet dari CV. Ayuna Silver sendiri memiliki ratusan model yang berbeda, karena hal tersebut perajin perlu mengecek satu per satu cetakan yang akan dipergunakan untuk membuat perhiasan atau aksesoris yang diinginkan. Berawal dari permasalahan tersebut, civitas INSTIKI memberikan solusi untuk membangun sebuah inovasi mutakhir yang dapat membantu membuat sistem pencarian cetakan karet agar menghemat waktu, dapat memudahkan akses pencarian cetakan karena terhubung melalui aplikasi mobile, serta dapat membuat aksesoris menjadi lebih cepat.

Civitas INSTIKI Berinovasi Bantu UMKM Perajin Perak!

Kegiatan pengabdian ini dilakukan secara bertahap. Setelah menyelesaikan sistem rak yang dibuat, civitas INSTIKI melakukan training dan uji coba penggunaan rak sampai diakhir waktu bahwa rak dan aplikasinya siap dipergunakan oleh CV. Ayuna Silver. Kegiatan evaluasi penggunaan sistem berakhir pada tanggal 23 Agustus 2023 dan resmi digunakan untuk membantu CV. Ayuna Silver dalam mengatur letak cetakan karet.

Dengan dibangunnya inovasi ini, diharapkan dapat membantu UMKM memaksimalkan produktifitas pembuatan aksesoris dan perhiasan silver, sehingga para perajin dapat lebih berfokus pada aspek kreatif mereka. Kolaborasi antara INSTIKI dengan CV. Ayuna Silver ini merupakan salah satu terobosan dalam memberikan kebermanfaatan kepada masyarakat luas.

PENGUMUMAN LAINNYA