Bali Terpilih Jadi Pulau Terbaik di Asia 2023, Ungguli Phuket, Thailand!

Bali Terpilih Jadi Pulau Terbaik di Asia 2023, Ungguli Phuket, Thailand! (Karya Timur Kozmenko di Pexels)

Pulau Bali sudah tidak diragukan lagi. Mulai dari keindahan alam yang memikat hingga keunikan budayanya, menjadi daya tarik tersendiri bagi pulau yang dikenal dengan Pulau Dewata ini. Tak ayal, Bali sering menerima berbagai penghargaan baik di Indonesia, Asia, hingga dunia internasional.

Baru-baru ini, Bali kembali memenangkan penghargaan. Dalam penghargaan prestisius Conde Nast Traveller melalui Readers’ Choice Awards 2023, Bali tampil sebagai pemenang, sebagai pulau terbaik di Asia untuk tahun ini.

Pulau Bali memikat hati banyak orang dengan gabungan spot surfing yang menakjubkan, suasana spiritualitas yang mendalam, dan kemewahan yang memanjakan.

Dalam ulasan di situs Conde Nast Traveller, dijelaskan bahwa penentuan pulau terbaik di Asia pada 2023 adalah tugas yang sulit karena terjadi persaingan yang ketat antara berbagai destinasi terkenal di Asia. Skor penilaian sangat ketat di antara pulau-pulau teratas, sehingga perbedaan antara Bali, yang meraih peringkat pertama, dengan Ko Samui di Thailand, yang menduduki peringkat kedua, hanya berjarak 0,01 poin.

Berikut adalah daftar sepuluh pulau terbaik di Asia versi Readers’ Choice Awards 2023 Conde Nast Traveller, disertai dengan skor rata-rata tingkat kepuasan secara keseluruhan:

* Siargao, Filipina (Skor 87,37)
* Pulau Okinawa & Ryuku, Jepang (Skor 88,25)
* Phú Quốc, Vietnam (Skor 88,89)
* Sri Lanka (Skor 89,59)
* Palawan, Filipina (Skor 89,71)
* Langkawi, Malaysia (Skor 90,19)
* Phuket, Thailand (Skor 90,33)
* Boracay, Filipina (Skor 90,74)
* Ko Samui, Thailand (Skor 91,07)
* Bali, Indonesia (Skor 91,08)

Selain karena pariwisatanya, Bali juga unggul dalam dunia kendidikan. Di Bali sendiri berdiri banyak sekolah hingga kampus ternama, salah satunya adalah Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang telah terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. INSTIKI memiliki empat program studi unggulan, yakni S1 Sistem Komputer, Teknik Informatika dengan beragam konsentrasi pilihan, Bisnis Digital, dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Gimana, sudah siap untuk berkuliah di Bali di Pulau Terbaik di Asia?

Baca juga: Kelebihan Kuliah di Bali

PENGUMUMAN LAINNYA