Kolaborasi Stikes Kesdam IX/Udayana & INSTIKI: Cegah Stunting Melalui Inovasi Buku Cerita Bergambar & Pelatihan!

Cegah Stunting Melalui Buku Cerita Bergambar & Pelatihan Pengukuran Antropometri di Alam Kumara Kids Club

Stikes Kesdam IX/Udayana bersama Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) berkolaborasi untuk meningkatkan pemahaman tentang kesehatan anak-anak sebagai upaya dalam mencegah stunting. Upaya percepatan pengurangan angka stunting anak-anak merupakan proyek utama yang perlu dilaksanakan melalui langkah-langkah yang strategis, efektif, dan efisien. Program percepatan pengurangan stunting dilakukan dengan meningkatkan efektivitas intervensi yang khusus dan dengan memperluas intervensi yang sensitif secara terintegrasi dan berkelanjutan.

Anak-anak berusia 3-5 tahun merupakan masa emas dalam perkembangan, dengan karakteristik seperti pengembangan konsep diri, rasa ingin tahu, imajinasi, pembelajaran berdasarkan rasa, pengendalian diri, belajar dari lingkungan, perkembangan berpikir, kemampuan berbahasa, dan perubahan perilaku. Berdasarkan hal tersebut terbentuklah kolaborasi antara dosen Stikes Kesdam IX/Udayana Ni Putu Ayu Wulan Noviyanti, S.KM., M.Kes dan Ni Putu Eka Febianingsih, S.KM., M.PH (Dosen Prodi Administrasi Kesehatan) dengan dosen dari Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) I Gede Adi Sudi Anggara, S.Kom., M.Sn (Prodi Desain Komunikasi Visual), serta dibantu oleh di Alam Kumara Kids Club.

Kegiatan ini merupakan penerapan teknologi dan inovasi yang dikeluarkan oleh dosen untuk memberdayakan masyarakat. Dana hibah Skema Pengabdi Masyarakat Pemula (PMP) dari Kementerian Kebudayaan Riset dan Teknologi tahun 2023 mendukung pelaksanaan kegiatan ini. Alam Kumara Kids Club di Gianyar menjadi mitra dalam kegiatan pengabdian ini.

Buku Cerita Anak-anak Bergambar

Kegiatan dimulai dengan menyediakan buku cerita anak-anak bergambar yang berisi informasi tentang kesehatan dan gizi. Peserta didik mendengarkan cerita dari buku ini yang disampaikan oleh tim pengabdi. Melalui kolaborasi ini, peserta didik mampu memahami informasi kesehatan dan gizi melalui buku cerita bergambar yang disusun oleh tim pengabdi, seperti yang terlihat dalam kemampuan mereka untuk merangkum informasi tersirat dalam cerita. Untuk membuat anak-anak lebih tertarik, lingkungan cerita dibuat nyaman dengan menyediakan rak buku dan alas duduk, sambil memberikan edukasi kesehatan di Alam Kumara Kids Club.

Peningkatan literasi kesehatan pada anak usia dini ini berlangsung sepanjang bulan Oktober 2023 dan mendapat sambutan positif dari Founder Alam Kumara Kids Club, Ibu Ni Wayan Wistari, M.Pd.

Edukasi Kesehatan kepada Peserta Didik

Founder Alam Kumara Kids Club mengungkapkan, “Kegiatan pengabdian ini sangat bermanfaat bagi kami, karena anak-anak kami diberi informasi kesehatan yang relevan dengan pola makan sehat melalui buku cerita bergambar yang menarik bagi mereka. Kami berharap program ini akan meningkatkan literasi dan akhirnya berdampak positif pada penurunan stunting.”

Melalui kegiatan pengabdian ini, diharapkan Alam Kumara Kids Club dapat memberikan edukasi kesehatan kepada peserta didik menggunakan buku cerita bergambar yang telah disusun oleh tim pengabdi masyarakat.

Edukasi Kesehatan kepada Peserta Didik

PENGUMUMAN LAINNYA