Tim Dosen INSTIKI Mengembangkan Sistem Keuangan, Inventori dan CRM untuk Kelompok Perternak Ayam Petelur Sarinadi Melalui Hibah Kemdikbud

Sawan, Buleleng, 27 Agustus 2023 – Tim Dosen dari Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) telah sukses melaksanakan program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM/KKNT) di Kelompok Peternakan Ayam Petelur Sarinadi yang berlokasi di Jl.Raya Desa, Sawan, Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng. Program ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswa tetapi juga membawa inovasi dan efisiensi ke dalam operasional usaha. Pada peternakan tersebut memiliki 3 kandang yang dibagi menjadi kendang atas, kendang Tengah dan kendang bawah. Pada kendang atas dan kendang Tengah memiliki sekitar 5000 ekor ayam petelur, kemudian pada kendang bawah memiliki 6000 ekor ayam petelur.


Civitas INSTIKI mengambil Data Ayam Bersama Pemilik Ternak.

PKM/KKNT disini juga merupakan bagian dari upaya untuk memberikan pengalaman mahasiswa dalam konteks dunia nyata sekaligus membantu meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan operasional dalam peternakan sari nadi tersebut. Program ini juga mendapatkan dana hibah dari Kemdikbud. yang dimana tim dari pengabdian INSTIKI memberikan 3 sistem untuk membantu permasalahan yang ada pada kelompok peternak ayam petelur sari nadi, yaitu Sistem Inventori, Akutansi dan CRM.

Portal / Homepage Sistem yang Dikembangkan Civitas INSTIKI


Dashboard SIstem Akuntasni yang Dikembangkan Civitas INSTIKI


Kegiatan Pelatihan Penggunaan Sistem Inventori dan Akuntansi oleh Civitas INSTIKI kepada Mitra

Dalam program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini melibatkan tiga Dosen Institut Bisnis dan Teknologi (INSTIKI) diantaranya, I Putu Agus Eka Udayana, S.Kom., M.T. sebagai Ketua Pengusul, I Gusti Agung Indrawan, S.T., M.T. dan Bagus Kusuma Wijaya, S.E.,M.A.B sebagai Anggota Pengusul.

Selain tim Dosen, kegiatan ini juga melibatkan sebanyak 4 orang mahasiswa/i Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) diantaranya, Anak Agung Made Bayu Dwipayana Putra, I Gede Bagus Arya Merta Tika, I Made Aryantha Wicaksana, Ni Kadek Dwi Puji Astuti. Program tersebut mendapatkan apresiasi dari pihak kelompok peternak ayam petelur sarinadi karena sangat membantu perkembangan operasional yang ada pada peternakan tersebut. Tim pengabdi mengucapkan banyak terimakasih kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) yang telah meberikan dana pengabdian pada skema PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PEMULA (PMP)

PENGUMUMAN LAINNYA