Tumbuhkan Jiwa Wirausaha, Civitas INSTIKI Gelar Sosialisasi Entrepreneurship di SMP Sapta Andika Denpasar

Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Sedari Muda, Civitas INSTIKI Gelar Sosialisasi Entrepreneurship di SMP Sapta Andika Denpasar

Kewirausahaan (entrepreneurship) memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan ekonomi. Akan tetapi, literasi masyarakat mengenai kewirausahaan saat ini masih kurang. Hal ini dapat dilihat dari ketidakmampuan masyarakat untuk membedakan antara berdagang dengan berwirausaha.

Untuk meningkatkan literasi mengenai kewirausahaan serta meningkatkan motivasi berwirausaha khususnya kepada generasi Z, 10 orang Dosen Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang terdiri dari Kompiang Martina Dinata Putri, SE., Ak., M.Si., I Putu Arya Mulyawan, SE., Ak., M.Si., Ni Kadek Ariasih,S.Kom.,M.T., Ni Putu Widantari Suandana, S.T., M.M., Santi Ika Murpratiwi, S.Kom., M.T., Made Dona Wahyu Aristana, S.Kom., M.Eng., Ni Made Mila Rosa Desmayani, S.E., M.Si., Luh Putu Rara Ayu Ratnaningrum, SE., M.M., I Wayan Dharma Suryawan, S.Kom., M.Cs., dan I Dewa Ayu Agung Tantri Pramawati, SE., M.Si. melakukan Sosialisasi Entrepreneurship kepada siswa kelas VIII SMP Sapta Andika Denpasar.

Pada kegiatan yang berlangsung pada Selasa (30/05/2023), para siswa diperkenalkan apa yang dimaksud dengan kewirausahaan dan mengapa berwirausaha. Para siswa juga diberikan contoh-contoh wirausaha, salah satunya adalah contoh wirausaha yang dilakukan anak-anak. Selain itu, juga diajak untuk membuat konsep wirausaha menggunakan modal yang kecil yang bersumber dari uang jajan mereka.

Antusiasme Para Siswa SMP Sapta Andika Denpasar

Diakhir kegiatan, para siswa dengan semangat unjuk diri mengembangkan ide-ide bisnis mereka sendiri. Atmosfer kegiatan sosialisasi terasa hangat dan akrab, sehingga terlihat partisipasi aktif para siswa disepanjang kegiatan berlangsung.

Tidak hanya dosen, tujuh mahasiswa INSTIKI, yaitu Ni Made Nadya Maharani, Salsa Bila Jihan Maulidah, Dwi Satiawan Ramadhan, I Wayan Willy Mustika, Timotius Janiarius Dima, Yoakim Kurniawan Obes, dan Niken Nirmalasari, juga turut membantu dalam kegiatan ini.

Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan literasi serta dapat menumbuhkan semangat berwirausaha sedari muda siswa SMP Sapta Andika Denpasar.

Sosialisasi Entrepreneurship

PENGUMUMAN LAINNYA