INSTIKI & BRIDA Bali Implementasikan Sistem Keamanan Pratima Berbasis IoT & AI, FGD ke-3 Sukses!

INSTIKI & BRIDA Bali Implementasikan Sistem Keamanan Pratima Berbasis IoT & AI, FGD ke-3 Sukses!

Berkomitmen nyata dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, tepat pada Senin (12/09/2023), telah digelar Focus Group Discussion (FGD) ke-3 terkait Implementasi Teknologi IoT Based Sistem Keamanan Benda Pusaka (Pratima) Pada Pura untuk Mendukung Peraturan Gubernur Bali No. 25 Tahun 2020, bertempat di Aula INSTIKI – kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

FGD ini merupakan FGD lanjutan dalam pengimplementasian Swakelola Kajian atau Penelitian Penguatan Perlindungan Pratima dengan Pengamanan Berbasis Internet of Things (IoT), kolaborasi Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Bali bersama dengan Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) dalam upaya melindungi benda pusaka (Pratima) serta mendukung Peraturan Gubernur Bali No. 25 Tahun 2020.

Sambutan dari Rektor INSTIKI

Acara diawali dengan sambutan dari I Dewa Made Krishna Muku, S.T., M.T selaku Rektor INSTIKI, disambung dengan sambutan Kepala Bidang Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan BRIDA Provinsi Bali, Dr. Ketut Wica, S.Sos., M.H yang sekaligus membuka FGD secara resmi.

Drs. I Ketut Sumarta menjadi Narasumber FGD ke-3

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Drs. I Ketut Sumarta selaku narasumber. Beliau menjelaskan materi yang berfokus pada konsep adat budaya Bali terhadap penerapan Internet of Things (IoT). Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Perwakilan Tim Pelaksana Swakelola INSTIKI, Ir. I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, S.T., M.T.

Ir. I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, S.T., M.T Memaparkan Materi

FGD turut dihadiri oleh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, Tim Pengendali Mutu BRIDA Provinsi Bali, Tim Pengawas Swakelola Penelitian Kerjasama dengan Perguruan Tinggi pada BRIDA Provinsi Bali, serta Prajuru Pura. Kegiatan FGD diakhiri dengan sesi diskusi sebagai bahan masukan, saran, dan tindak lanjut dari implementasi penelitian ini, serta ditutup kembali oleh Dr. Ketut Wica, S.Sos., M.H.

Diharapkan dengan terselenggaranya FGD ke-3 dapat menambah wawasan serta memberikan saran solutif sehingga dapat menyempurnakan kembali implementasi dari penelitian ini.

FGD ke-3 Implementasi Teknologi IoT Based Sistem Keamanan Benda Pusaka (Pratima) Pada Pura

PENGUMUMAN LAINNYA