FGD ke-2 Sukses! Kolaborasi BRIDA Bali & INSTIKI Implementasikan Sistem Keamanan Pratima Berbasis IoT & AI!

FGD ke-2 Sukses! Kolaborasi BRIDA Bali & INSTIKI Implementasikan Sistem Keamanan Pratima Berbasis IoT & AI!

Dalam upaya mewujudkan perlindungan benda pusaka (Pratima) serta mendukung Peraturan Gubernur Bali No. 25 Tahun 2020, Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Provinsi Bali berkolaborasi bersama dengan Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) melalui Swakelola Kajian atau Penelitian Penguatan Perlindungan Pratima dengan Pengamanan Berbasis Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI).

Atas tindak lanjut dari kerja sama tersebut, telah diselenggarakan Focus Group Discussion (FGD) ke-2 terkait Implementasi Teknologi IoT Based Sistem Keamanan Benda Pusaka (Pratima) Pada Pura untuk Mendukung Peraturan Gubernur Bali No. 25 Tahun 2020, pada Selasa (29/08/2023) bertempat di Aula INSTIKI – kampus IT terbaik di Bali.

Acara diawali dengan sambutan dari Wakil Rektor IV INSTIKI, Dr. Ir. Putu Sugiartawan, S.Kom, Agb., M.Cs, disambung dengan sambutan Kepala Bidang Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan BRIDA Provinsi Bali, Dr. Ketut Wica, S.Sos., M.H yang sekaligus membuka FGD secara resmi.

Pemaparan Materi oleh Dr. Ir. I Made Oka Widyantara, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi dari Prof. Dr. Ir. I Made Oka Widyantara, S.T., M.T., IPU, ASEAN Eng selaku narasumber. Beliau merupakan Ketua Ikatan Ahli Informatika Indonesia (IAII) Wilayah Bali sekaligus Dosen di Universitas Udayana. Lalu, acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Perwakilan Tim Pelaksana Swakelola INSTIKI, Ir. I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, S.T., M.T.

Pemaparan Materi oleh Ir. I Gusti Made Ngurah Desnanjaya, S.T., M.T

FGD turut dihadiri oleh Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi Bali, Tim Pengendali Mutu BRIDA Provinsi Bali, serta Tim Pengawas Swakelola Penelitian Kerjasama dengan Perguruan Tinggi pada BRIDA Provinsi Bali. Kegiatan FGD diakhiri dengan sesi diskusi sebagai bahan masukan, saran, dan tindak lanjut dari Swakelola Kajian atau Penelitian Penguatan Perlindungan Pratima dengan Pengamanan Berbasis Internet of Things (IoT). Acara ditutup kembali oleh Dr. Ketut Wica, S.Sos., M.H.

Sesi Diskusi dalam FGD ke-2

Diharapkan dengan terselenggaranya FGD ke-2 melalui dialog terbuka dan diskusi interaktif bersama para ahli ini, dapat menghasilkan hasil serta saran yang solutif dalam membangun Penguatan Perlindungan Pratima dengan Pengamanan Berbasis Internet of Things (IoT).

PENGUMUMAN LAINNYA