Apa Bedanya AI dengan Machine Learning (ML)?

Apa Bedanya AI dengan Machine Learning (ML)?

Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) adalah dua istilah yang sering kita temui di era teknologi seperti sekarang ini. Namun, masih banyak diantara kita yang bingung membedakan dua istilah ini. Meskipun keduanya terkait erat, mereka memiliki peran dan cakupan yang berbeda. Biar makin paham, yuk kita bahas bersama kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)!

Artificial Intelligence (AI)

John McCarthy, salah satu tokoh dalam perkembangan awal AI dan menciptakan istilah “Artificial Intelligence” pada tahun 1956. McCarthy menjelaskan bahwa AI adalah tentang membuat komputer melakukan pekerjaan yang jika dilakukan oleh manusia akan memerlukan kecerdasan.

AI adalah bidang ilmu komputer yang bertujuan untuk menciptakan sistem atau mesin yang memiliki kemampuan untuk melakukan tugas yang memerlukan kecerdasan manusia. AI mencakup berbagai teknologi dan metode yang bertujuan untuk memungkinkan komputer untuk “berpikir” dan “belajar” seperti manusia. Beberapa ciri khas AI termasuk adalah sebagai berikut:

  • Pengambilan Keputusan: Sistem AI dapat mengambil keputusan berdasarkan data dan pemrosesan yang canggih.
  • Pengolahan Bahasa Alami: AI dapat memahami dan menghasilkan teks manusia.
  • Pengenalan Suara dan Gambar: Kemampuan AI untuk mengenali suara manusia dan gambar visual.
  • Kecerdasan Umum: AI dapat digunakan untuk berbagai jenis tugas yang berbeda.

Machine Learning (ML)

Professor Computer Science dari University of Washington, Pedro Domingos menjelaskan bahwa Machine Learning (ML) adalah tentang pembuatan komputer yang dapat berperilaku lebih baik atau berkinerja lebih baik dalam sesuatu hanya dengan pengalaman. ML adalah cabang dari AI yang fokus pada pengembangan algoritma yang memungkinkan sistem untuk belajar dari data. Ini berarti kalau ML memungkinkan komputer untuk meningkatkan kinerjanya secara otomatis seiring berjalannya waktu tanpa harus secara eksplisit diprogram. Beberapa karakteristik utama ML meliputi:

  • Pelatihan: Sistem ML dilatih dengan memberikan data yang digunakan untuk membuat prediksi atau mengambil keputusan.
  • Perbaikan Diri: Seiring waktu, sistem ML dapat memperbaiki kinerjanya berdasarkan pengalaman dan data baru.
  • Tugas Khusus: ML seringkali digunakan untuk tugas-tugas khusus, seperti klasifikasi gambar, prediksi harga saham, atau penerjemahan bahasa.

Perbedaan Utama

Perbedaan utama antara AI dan ML, bahwa AI adalah bidang yang lebih luas yang mencakup konsep pengembangan sistem yang cerdas, sedangkan ML adalah salah satu teknik di dalam AI yang berfokus pada pembelajaran dari data. ML adalah alat yang digunakan untuk mencapai tujuan AI yang lebih luas.

Jadi, AI adalah konsep yang lebih besar yang mencakup ide sistem cerdas, ML adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut. AI dapat mencakup elemen-elemen seperti logika berbasis pengetahuan, pengolahan bahasa alami, dan banyak lagi, sedangkan ML lebih fokus pada algoritma pembelajaran berbasis data.
Dalam kesimpulan, AI dan ML saling terkait, tetapi mereka berbeda dalam cakupan dan pendekatan.

Ingin Mendalami AI dan ML untuk Jadi Profesional di Bidang ini?

Salah satu langkah terbaik untuk menjadi talenta digital di berbagai bidang, seperti di bidang AI maupun ML adalah dengan berkuliah di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang telah terakrediatsi nasional dan tersertifikasi internasional, memiliki empat program studi unggulan yakni S1 Sistem Komputer, Teknik Informatika, Desain Komunikasi Visual (DKV), dan Bisnis Digital. Jika kamu ingin mendalami AI dan ML pilihlan program studi Teknik Informatika! Yuk kuliah di Bali yakni di INSTIKI!

PENGUMUMAN LAINNYA