Data Scientist Jadi Incaran Instansi Pemerintahan? Inilah Peluang Karier dalam CPNS 2023!

Data Scientist Jadi Profesi Incaran Instansi Pemerintahan? Inilah Peluang Karier dalam CPNS 2023!

Civitas akademika, yuk bedah peluang profesi data science selain di startup dan IT company, yakni di instansi pemerintahan. Memangnya semenarik itu?

Bagi kamu yang tertarik berkarier jadi data science, pastinya pernah berpikir bahwa menjadi data scientist hanya terbatas pada startup atau perusahaan IT. Namun, kenyataannya saat ini banyak instansi pemerintahan yang mencari talenta digital dengan berbagai keahlian, termasuk data scientist. Tidak percaya? Ayo kita lihat lebih detail.

Menurut menpan.go.id, salah satu prioritas dalam penerimaan CPNS 2023 adalah data scientist. Hal ini disebabkan oleh perubahan cepat dalam dunia digital, yang memaksa pemerintah untuk beradaptasi dengan cepat agar tidak tertinggal. Perekrutan data scientist juga membantu mengurangi dampak transformasi digital pada rekrutmen jabatan lainnya.

Kementerian Keuangan Republik Indonesia juga menyatakan kebutuhan mereka akan sumber daya manusia yang ahli di bidang data science, khususnya di Direktorat Penilaian. Menurut KEMENKEU, data scientist di Direktorat Penilaian akan berperan dalam mengolah big data menggunakan berbagai alat untuk mengumpulkan, menginterpretasi, dan menganalisis data, sehingga menghasilkan wawasan yang berharga.

Bukan hanya KEMENKEU, banyak instansi pemerintah lain yang sedang mencari data scientist. Sebagai contoh, Direktorat Pengembangan UMKM dan Koperasi dari Kementerian PPN/Bappenas membuka lowongan untuk data scientist.

Mengapa Data Scientist Kini Jadi Target Utama Instansi Pemerintahan?

Jika sebelumnya pemerintah bekerja dengan data secara manual, kehadiran data scientist memungkinkan pemerintah untuk mengolah data secara efektif, meningkatkan kinerja, melindungi dari serangan siber, dan bahkan meningkatkan pendapatan negara. Dampak positif ini pada akhirnya juga dirasakan oleh masyarakat.

Penerapan data science digunakan di berbagai sektor, beberapa contohnya sebagai berikut:

* Infrastruktur: Menganalisis dan mengatasi risiko dalam pembangunan jalan tol.
* Pariwisata: Pemetaan lokasi yang tepat untuk wisatawan dan strategi.
* pemasaran berdasarkan segmentasi kelompok.
* Pertanian: Pengelolaan hama, penanganan perubahan cuaca, prediksi hasil produksi.
* Perdagangan: Peramalan bantuan sosial atau kebutuhan sembako.
* Kesehatan: Peramalan penyebaran penyakit.

Jadi, peluang menjadi data scientist tidak hanya terbatas pada startup atau perusahaan IT, tetapi juga sangat terbuka di instansi pemerintahan. Kamu bisa memilih sektor pemerintahan yang paling menarik bagi kamu dan menjadi talenta dihital yang mendukung transformasi digital pemerintah. Kamu dapat memulainya dengan belajar skill data scientist di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), sebuah kampus IT, bisnis, dan desain terkemuka di Bali dan Nusa Tenggara yang telah terakreditasi secara nasional dan tersertifikasi internasional. Di INSTIKI, kamu akan dibimbing oleh dosen-dosen berpengalaman dengan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan industri! Untuk informasi lebih lengkap dapat mengakses website INSTIKI.

PENGUMUMAN LAINNYA