Mengenal Lebih Dekat Hari Raya Kuningan

Mengenal Lebih Dekat Hari Raya Kuningan (Foto Karya: Dion Luas)

Hari Raya Kuningan adalah hari raya untuk memperingati kebesaran Sang Hyang Widhi Wasa dalam wujud Sang Hyang Parama Wisesa, yakni yang mempunyai peran membentuk budi pekerti manusia menjadi mulia. Hari Raya Kuningan dirayakan setiap 210 hari dalam kalender Bali tepatnya pada Saniscara Kliwon Wuku Kuningan atau dilakukan 10 hari setelah Hari Raya Galungan.

Pada Hari Raya Kuningan, umat Hindu menjalankan ibadah yang ditujukan kepada dewa dan leluhur. Upacara ini melibatkan mempersembahkan sesajen berisi ajengan (nasi) berwarna kuning. Ajengan kuning melambangkan simbol kemakmuran, menjadi ungkapan terima kasih atas limpahan rahmat yang telah diberikan demi kemakmuran di dunia.

Sehari sebelum Hari Raya Kuningan, umat Hindu merayakan Hari Penampahan Kuningan yakni hari untuk mempersiapkan dan menyambut perayaan hati suci tersebut. Hari Penampahan Kuningan jatuh pada Sukra Wage Wuku Kuningan. Persiapan dilakukan melalui penyembelihan hewan ternak.

Selain itu, Hari Raya Kuningan juga mempunyai nilai-nilai sosial dan budaya yang kuat. Salah satu contohnya, ketika keluarga berkumpul dan merayakan bersama Hati Raya Kuningan. Semangat gotong royong dan kebersamaan sangat terasa dalam proses ini.

Dalam era modern ini, Hari Raya Kuningan terus beradaptasi dengan perubahan zaman. Tetapi, nilai-nilai tradisional yang dipegang teguh oleh masyarakat Bali dalam perayaan ini tetap memberikan penghormatan kepada Sang Hyang Parama Wisesa, serta nilai-nilai gotong royong yang tak tergoyahkan.

Itulah salah satu perayaan besar di Pulau Dewata, Bali. Salah satu keindahan Bali terpancar dari tradisi dan budaya turun-temurun yang dijaga keberadaannya hingga kini. Dengan beragam keindahan tradisinya, tak berhenti di sana saja, Bali juga memiliki kualitas pendidikan yang dapat diacungi jempol. Salah satu kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali adalah Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah perguruan tinggi terkemuka yang terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional yang memiliki empat program studi, yakni Sistem Komputer, Teknik Informatika, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital. Yuk, kuliah di Bali di INSTIKI!

PENGUMUMAN LAINNYA