Pahami Manajemen Hutang, Yuk!

Pahami Manajemen Hutang, Yuk!

Di era modern seperti sekarang ini, setiap orang sangat dimudahkan untuk berhutang. Menurut data dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), pada April 2023 ada sekitar 2,38 juta orang yang meminjam uang lewat aplikasi pinjaman online. Angka seluruh pinjaman mencapai Rp10,35 triliun, sementara angka untuk pembayaran kewajiban di atas 90 hari dari tanggal jatuh tempo adalah 2,94%. Artinya, banyak orang yang tidak membayar hutang.

Tidak ada yang salah dengan berhutang, namun perlu adanya manajemen hutang yang baik agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sepeti gagal bayar, hutang menumpuk, dan lain sebagainya. Agar kamu semakin bijak lagi untuk berhutang, yuk simak tips ini bersama kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang bersumber dari Neobank.

Pahami Kebutuhan dan Kemampuan Kamu!

Idealnya, hutang tidak lebih dari 30% gaji atau pendapatan. Maka dari itu, kamu harus menghitung dengan cermat berapa jumlah utang yang cukup dengan penghasilan. Ada potensi gagal bayar jika lebih dari 30% penghasilan. Mulailah memanajemen uangmu dengan baik.

Jangan Tergiur

Jangan memaksakan kemampuan finansialmu, misalnya tergoda dengan diskon, mengikuti gaya hidup orang lain. Yuk, pahami kembali kebutuhanmu!

Persiapkan Dana Darurat

Saat membutuhkan biaya untuk kebutuhan darurat, di sinilah pentingnya punya dana darurat. Jika dana darurat yang kamu punya sedikit dan masih harus berutang, kamu tidak perlu mengambil pinjaman terlalu besar.

Siapkan Uang di Awal

Ketika kamu punya kewajiban untuk membayar hutang. Maka, siapkan uang untuk bayar hutang di awal. Jangan sampai bayar melewati jatuh tempo.

Jangan Sampai Gali Lubang Tutup Lubang

Jika sudah terlanjur berutang, hindari membayar uang dari hasil meminjam uang. Opsi ini dipilih supaya terbebas dari utang dengan cepat. Setidaknya untuk sementara. Tetapi, kamu harus menghindari hal tersebut. Karena cara ini akan membuat hutang semakin menumpuk.

Gunakan Jurus Bola Salju

Susun daftar hutang dengan nominal terkecil hingga terbesar. Kemudian siapkan dari nilai yang paling sedikit. Meskipun strategi ini butuh waktu, tapi setidaknya kamu mendapat progres sedikit demi sedikit untuk mengurangi hutang.

Temukan informasi menarik lainnya dengan mengakses website Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang telah terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional dengan empat program studi unggulan, Sistem Komputer, Teknik Informatika, Bisnis Digital, dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Yuk kuliah di Bali di INSTIKI!

PENGUMUMAN LAINNYA