Cerdik Mengelola Keuangan, Ini Cara agar Hidup Tidak Bergantung dari Gaji ke Gaji!

Fresh Graduate Simak! Cara agar Hidup Tidak Bergantung dari Gaji ke Gaji!

Siapa yang baru merasakan gaji pertama? Ini adalah momen paling mengembirakan bagi setiap orang, nih. Tetapi jangan sampai keasyikan, apalagi gajimu numpang lewat saja. Agar semakin pintar mengatur gaji, simak bagaimana cara agar hidup tidak bergantung dari gaji ke gaji ini!

Siapkan Anggaranmu

Agar gaji tidak numpang lewat saja, buatlah anggaran khusus. Tujuannya untuk menjaga sekaligus mengelola keuangan pribadi kamu. Menganggarkan tentunya akan membuat kamu tidak kalap saat berbelanja dan tetap stay on budget.

Penuhi Kebutuhan Primer

Sebelum gajimu dihabiskan untuk kebutuhan lainnya, usahakan untuk memenuhi kebutuhan primer terlebih dahulu. Seperti sandang, pangan, papan, dan berbagai tagihan, utang, serta cicilan, ya!

Pentingnya Dana Darurat

Sudah Punya dana darurat? Kamu juga harus memikirkan kondisi di masa depan yang bisa saja terjadi misalnya terkena PHK, sakit, kecelakaan, dan yang lainnya. Ketika sudah memiliki dana darurat, maka kamu tidak akan kelabakan lagi mengahadapi situasi yang tidak diinginkan tersebut.

Punya Penghasilan Tambahan

Sampai kapan kamu ingin hidup dari gaji ke gaji? Agar hidup semakin terjamin di masa tua, yuk mulai pikirkan penghasilan tambahan yang bisa kamu hasilkan dari skill yang kamu miliki.

Jangan Berhutang Jika Belum Siap Akan Konsekuensinya

Hutang bisa menjadi menguntungkan apabila dipergunakan secara bijak. Namun, perlu untuk dipahami tentang konsekuensi dari berhutang, misalnya saja bunga yang harus dibayarkan, gagal bayar, dan lain sebagainya.

Berinvestasi

Mulailah berinvestasi, buatlah uang yang bekerja keras untukmu lalu menghasilkan uang kembali. Di era ini, banyak tersedia instrumen investasi dengan berbagai kelebihannya.

Itulah cara agar tidak bergantung dari gaji ke gaji. Cara di atas tidak hanya dapat diterapkan oleh fresh graduate saja, bagi kamu yang sudah lama bekerja juga sangat bisa. Temukan artikel informatif lainnya dengan mengakses website INSTIKI.

PENGUMUMAN LAINNYA