Bikin Konten Booming, Apa Itu Viral Marketing?

Bikin Konten yang Booming, Apa Itu Viral Marketing?

Geser-geser jempol di media sosial, pasti kamu sering melihat konten yang meledak dan viral dalam sekejap. Nah, tuh dia, itulah yang namanya viral marketing civitas INSTIKI! Jadi, apa sih sebenarnya viral marketing itu?

Apa Itu Viral Marketing?

Menurut David Meerman Scott dalam bukunya “The New Rules of Marketing and PR”, viral marketing merupakan strategi pemasaran yang mengandalkan penyebaran pesan atau konten yang menarik secara alami oleh individu atau kelompok, sehingga mencapai audiens yang lebih luas dengan cepat melalui media sosial, email, dan saluran online lainnya. Viral marketing ini strategi pemasaran yang sangat pintar memanfaatkan kekuatan penyebaran informasi melalui dunia maya. Kayak virus nih, gak butuh waktu lama untuk membuat menyebar dari satu orang ke orang lainnya.

Biasanya, konten yang viral ini membuat orang menjadi penasaran sehingga mereka ingin membagikan ke temen-temennya. Dapat berupa video singkat yang lucu, meme yang bikin senyum-senyum sendiri, tantangan seru yang bikin pengen ikutan, sesuatu yang dianggap tidak normal atau unik, dan lain sebagainya. Nah, ketika sudah sukses membuat orang merespon viral marketing tersebut, entah dengan kagum, terheran-heran, heboh, dan yang lainnya, itulah konten yang akan secara masif disebarluaskan tanpa diminta oleh para marketer.

Kenapa Viral Marketing Jadi Sangat Populer?

Hal ini dikarenakan viral marketing mampu ngejangkau audiens yang lebih banyak dibanding pemasaran konvensional. Teknik ini dianggap sangat efektif layaknya bola salju. Sebuah konten viral marketing menyebar hingga jangkauannya meluas, bahkan sampai ke ribuan hingga jutaan orang dalam waktu singkat.

Tentang Viral Marketing!

Untuk sukses di viral marketing, ada beberapa trik yang perlu diperhatikan. Pertama, viral marketing tidak selalu menggunakan faktor hoki, buatlah konten yang benar-benar menarik perhatian dan beda dari yang lain. Konten tersebut entah bisa membuat orang tertawa, terharu, terpesona, terheran-heran, atau yang lainnya. Kreatifitas juga jadi kunci di sini. Yang penting, membuat konten yang tidak mudah untuk dilupakan orang dengan mudah. Selain itu, gunakan platform seperti di TikTok, Instagram, Facebook, dan media sosial lainnya untuk membagikan konten.

Ada juga tantangan yang harus dihadapi dalam menggunakan viral marketing. Meskipun konten bisa menyebar dengan cepat, belum tentu bisa mencapai target pasar yang diinginkan.

Selain itu, viral marketing juga perlu diperhatikan dari segi keselarasan dengan brand atau produk yang dipromosikan. Jangan sampai konten yang viral itu malah membuat citra brand jadi tidak sesuai dengan harapan atau ekspektasi target pasar. Jadi, perlu direncanakan sebelum membuat konten yang bisa membuat heboh dan relevan dengan brand.

Nah, itulah viral marketing yang perlu kamu tahu. Temukan informasi penting dan menarik lainnya dengan mengakses website INSTIKI. Jika kamu ingin mempelajari lebih dalam lagi teknik marketing terkini untuk membangun bisnis atau menjadi marketer yang sukses, kamu dapat meningkatkan skill tersebut dengan berkuliah di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) dengan mengambil jurusan S1 Bisnis Digital. Pelajari seluk-beluk manajemen bisnis yang digabungkan dengan canggihnya teknologi, dengan materi khusus Kewirausahaan Digital, Pemasaran Digital, E-Commerce, dan masih banyak lagi serta disesuaikan dengan dunia kerja yang sesungguhnya!

PENGUMUMAN LAINNYA

Telusuri Artikel Lainnya