Pentingnya Mengelola Keuangan, Inilah Cara Membuat Anggaran Keuangan Pribadi!

Pentingnya Mengelola Keuangan, Inilah Cara Membuat Anggaran Keuangan Pribadi!

Civitas INSTIKI – kampus swasta terbaik di Bali dan Nusa Tenggara! Apakah pengeluaranmu kamu lebih besar dibanding pendapatanmu? Hal ini jangan sampai dibiarkan begitu saja, yuk mulai belajar mengelola keuangan sedari dini.

Salah satu yang perlu dipahami bahwa ternyata kita perlu mengelola keuangan, seperti mulai merancang anggaran keuangan pribadi. Anggaran keuangan menjadi semacam peta bagi kita untuk mengatur keuangan. Di dalamnya berisi catatan pendapatan dan pengeluaran yang akan dikeluarkan. Fungsinya untuk memantau sekaligus mengontrol keuangan. Jadi, kita akan lebih bijak mengatur keuangan, tidak lagi sembarangan menghabiskan uang.

Cara Membuat Anggaran Keuangan Pribadi

Tentukan Tujuan

Tentukan tujuan keuangan yang ingin kamu capai. Misalnya saja ingin membeli rumah, punya tabungan dengan nominal yang ingin dicapai, untuk membuka usaha, investasi, dan lain sebagainya. Tujuan yang jelas akan memotivasimu untuk mengatur uang dengan lebih baik lagi.

Catat dan Hitung Sumber Pendapatan dan Pengeluaran

Tulislah rencana pengeluaran secara detail dan realistis. Dimulai dari yang paling penting hingga kurang penting ataupun yang bisa ditunda. Kamu juga bisa pisahkan mana antara pengeluaran kewajiban, kebutuhan, dan keinginan.

Tips Menyusun Anggaran yang Efektif

Terapkan Rumus 50/30/20

Kamu dapat menggunakan persentase 50/30/20. Pakai 50% untuk memenuhi kebutuhan seperti belanja bulanan, transportasi, dan lain sebagainya. Persentase 30% dipakai untuk self reward misalnya traveling atau yang lainnya. Sedangkan 20% sisanya, boleh kamu simpan untuk tabungan, investasi, dana darurat, dan lain sebagainya.

Buatlah Skala Prioritas

Sering merasa terjebak dalam menentukan barang mana yang benar-benar kamu butuhkan dan mana yang tidak? Nah, kamu harus membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Mana kebutuhan yang penting dan mana yang bisa ditunda.
Tidak semua hal yang kamu mau harus masuk ke pengeluaran. Buatlah skala prioritas!

Evaluasi

Terakhir, jangan lupa evaluasi. Apakah sudah sesuai dengan rencana atau belum. Jika belum, yuk evaluasi.

Menyusun anggaran akan membuat keuanganmu jadi lebih terencana dan terukur nih civitas INSTIKI. Dana yang terbatas tidak akan menjadi masalah besar. Kebutuhan kamu akan tercukupi selama punya skill pengelolaan uang yang baik.

PENGUMUMAN LAINNYA