Penting bagi Pebisnis! Mengenal Lebih Dekat Return On Investment (ROI)!

Penting bagi Pebisnis! Mengenal Lebih Dekat Return On Investment (ROI)!

Hi para pebisnis, kamu wajib untuk mengetahui Return On Investment (ROI) nih. Saat seseorang sudah mengeluarkan uangnya untuk diinvestasikan atau dijadikan sebagai modal, tentunya mereka juga butuh untuk mengetahui berapa jumlah imbal hasil atau cuannya.

Maka dari itu, Return On Investment (ROI) atau pengembalian investasi sangat penting diketahui oleh perusahaan maupun individu, khususnya para investor dan pebisnis. Yuk mengenal lebih dalam ROI!

Apa Itu ROI?

Dikutip dari gramedia.com, ROI adalah rasio keuntungan dan juga kerugian dari suatu investasi yang kemudian dibandingkan dengan jumlah uang yang diinvestasikan. ROI digunakan untuk mengukur secara langsung jumlah pengembalian investasi tertentu, terhadap biaya investasi yang telah dikeluarkan. Dengan mengetahui ROI, tentunya perusahaan dan individu bisa mengukur efisiensi dan profitabilitas sebuah investasi, nih. Saat perusahaan dan individu mampu memahami ROI, maka akan dapat membuat keputusan investasi jadi lebih akurat.

Cara Menghitung ROI

Cara menghitung ROI sebenarnya cukup sederhana. Kamu hanya perlu mengetahui berapa banyak biaya investasi yang harus dikeluarkan, dan juga pendapatan yang diterima. Berikut ini rumus untuk menghitung ROI.

Return On Investment = ([pendapatan investasi – biaya investasi] / biaya investasi) x 100%

Itulah ROI yang perlu untuk kamu ketahui. Temukan informasi edukatif lainnya dengan mengakses website Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus bisnis terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

PENGUMUMAN LAINNYA