Hanya 23% Fresh Graduate yang Percaya Diri Masuk Dunia Kerja, Kok Bisa?

Hanya 23% Fresh Graduate yang Percaya Diri Masuk Dunia Kerja, Kok Bisa?

Di era yang semakin kompetitif ini, setelah lulus kuliah dan memasuki dunia kerja adalah tantangan besar bagi para lulusan baru. Meskipun mereka telah menempuh pendidikan formal, berdasarkan dari The Higher Education Policy, bahwa hanya 23% fresh graduate yang merasa percaya diri dalam menghadapi dunia kerja. Fenomena ini menimbulkan pertanyaan, mengapa mayoritas lulusan baru masih merasa kurang percaya diri saat memasuki dunia kerja? Yuk kita bahas bersama kampus IT terbaik di Bali, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)!

Belum Menentukan Arah Karir Setelah Lulus Kuliah

Sebelum lulus dari INSTIKI, yuk mulai pahami apa yang ingin kamu geluti setelah lulus nanti. Misalnya karir impian yang ingin kamu pilih ataupun ingin berwirausaha.

Kurangnya Pengalaman Kerja

Banyak perusahaan mencari calon karyawan yang memiliki pengalaman praktis yang relevan dengan bidang pekerjaan yang mereka tawarkan. Oleh karena itu, fresh graduate yang belum memiliki pengalaman kerja seringkali merasa sulit untuk bersaing dengan para profesional yang telah lama bekerja di industri tersebut. Maka itu penting untuk mempunyai pengalaman kerja, misalnya dengan kuliah praktik (magang) sebelum lulus kuliah.

Tingginya Persaingan

Tidak dipungkiri bahwa dewasa ini persaingan dunia kerja sangatlah tinggi, maka dari itu penting untuk mempersiapkan diri agar semakin percaya diri saat memasuki dunia kerja yang sesungguhnya. Kamu dapat mulai meningkatkan keahlian di bidang tertentu dengan mengikuti pelatihan ataupun course, dan kegiatan lainnya.

Kurangnya Pembekalan Soft Skills

Selain skill teknis yang diperoleh dari pendidikan formal ataupun dari pelatihan, soft skills juga penting untuk diasah. Misalnya saja pengembangan keterampilan seperti komunikasi, kepemimpinan, kerjasama tim, dan yang lainnya.

Tantangan Transisi

Pergantian dari sebagai mahasiswa ke dunia kerja dapat menjadi tantangan yang signifikan bagi banyak lulusan baru. Harus beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru, rutinitas yang berbeda, tanggung jawab yang lebih besar, dan interaksi dengan rekan kerja dan atasan yang berbeda. Proses transisi ini dapat menimbulkan kecemasan dan ketidakpastian, yang dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan diri, maka dari itu penting untuk mempersiapkan mental untuk memasuki dunia kerja.

Jadi, yuk mulai persiapkan dirimu sekarang agar semakin siap untuk masuk di dunia kerja yang sesungguhnya. Saat memutuskan untuk berkuliah di Bali yakni di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), jangan hanya jadi mahasiswa kupu-kupu saja alias kuliah-pulang kuliah-pulang, ikutilah beragam kegiatan yang terselenggara di kampus INSTIKI. Misalnya saja magang, mengikuti organisasi atau UKM, perlombaan, dan masih banyak lagi. tentunya kegiatan ini dapat meningkatkan hard skill dan soft skill kamu agar semakin siap memasuki dunia kerja!

Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di INSTIKI, INSTIKI sangat mendukung mahasiswanya dalam meningkatkan skill diri sehingga kamu semakin siap memasuki dunia kerja. Kurikulum di INSTIKI dirancang dan disesuaikan dengan kebutuhan dunia kerja masa kini yang dibimbing langsung oleh dosen-dosen handal dan berkompetisi. INSTIKI memiliki empat program studi unggulan yakni S1 Sistem Komputer, Teknik Informatika, Bisnis Digital, dan Desain Komunkasi Visual. Jadi, sudah siap menjadi keluarga besar INSTIKI?

PENGUMUMAN LAINNYA