4 Alasan Kamu harus Jago Public Speaking! Apa Saja?

4 Alasan Kamu harus Jago Public Speaking! Apa Saja?

Public speaking yakni kemampuan berbicara di depan umum, menjadi keterampilan yang sangat penting dan berharga dalam era ini. Terlepas dari profesi atau bidang yang kamu tekuni, kemampuan untuk berbicara dengan percaya diri dan efektif di depan publik memiliki banyak manfaat yang tak terbantahkan. Berikut ini adalah empat alasan mengapa kamu harus jago public speaking, yuk kita bahas bersama kampus swasta terbaik di Bali dan Nusa Tenggara-Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)!

Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Kemampuan public speaking yang baik ini melibatkan keahlian dalam mengelola pikiran, menyampaikan pesan dengan jelas, dan berkomunikasi dengan efektif. Dengan menguasai keterampilan ini, kamu akan meningkatkan kemampuan komunikasimu secara keseluruhan. Kamu akan belajar mengungkapkan ide-ide dengan lebih baik lagi, mendengarkan dengan lebih baik, sampai mengajukan pertanyaan yang tepat saat berdiskusi. Kemampuan komunikasi yang kuat ini akan membantu kamu dalam berbagai situasi, baik di tempat kerja, kuliah, maupun dalam membangun hubungan sosial yang lebih baik.

Membangun Kepercayaan Diri

Saat kamu dapat berbicara dengan percaya diri di depan orang banyak, kamu secara otomatis membangun kepercayaan diri yang lebih tinggi. Kamu belajar menghadapi ketakutan dan mengatasi kecemasan yang mungkin timbul saat berbicara di depan publik. Kepercayaan diri yang kuat ini akan berdampak positif pada berbagai aspek kehidupanmu, termasuk karier, pendidikan, dan hubungan pribadi.

Membuka Peluang Karier

Kemampuan public speaking yang baik sering kali menjadi kunci kesuksesan dalam karier. Dalam dunia profesional yang kompetitif, kemampuan untuk berbicara dengan baik dan mempengaruhi orang lain secara positif sangat berharga. Kamu akan lebih mudah mendapatkan promosi, memimpin tim, atau menjalin kemitraan bisnis yang sukses jika kamu dapat mengomunikasikan ide-ide dan visi secara efektif kepada orang lain.

Mempengaruhi dan Menginspirasi Orang Lain

Kemampuan public speaking yang kuat memungkinkan kamu untuk mempengaruhi dan menginspirasi orang lain. Ketika kamu dapat menyampaikan pesan dengan jelas dan meyakinkan, kamu memiliki potensi untuk mengubah pandangan, menginspirasi tindakan, dan memotivasi orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Melalui kekuatan kata-kata, kamu dapat membawa perubahan positif dalam kehidupan orang lain dan masyarakat pada umumnya. Public speaking yang baik adalah alat yang kuat untuk menyebarkan ide sekaligus nilai-nilai yang penting bagi kamu dan masyarakat secara luas.

Menjadi jago public speaking memiliki berbagai manfaat yang signifikan, lho. Oleh karena itu, investasikan waktu dan upaya untuk mengembangkan keterampilan public speakingmu, karena ini adalah aset yang berharga untuk masa depanmu nantinya. Apalagi ketika kamu memutuskan untuk berkuliah di Bali yakni di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). Saat menempuh pendidikan di bangku kuliah, adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan skill ini. Terdapat banyak kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan public speaking-mu, salah satunya melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Jegeg Bagus INSTIKI, yakni Duta Kampus INSTIKI. Melatih percaya diri, public speaking, hingga dapat menjadi Duta Kampus dapat diawali dari sini.

PENGUMUMAN LAINNYA