Inovasi Teknologi Ciptaan Civitas INSTIKI Tampil dalam Bali Digifest II 2023! Menyita Perhatian Gubernur Bali!

Pembukaan Bali Digifest II 2023

Beragam karya inovasi teknologi ciptaan Civitas Akademika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) dipamerkan dalam Bali Digital Festival (Bali Digifest II 2023) yang bertajuk “Accelerating Bali’s Digital Transformation” pada Jumat (02/06/2023) sampai Minggu (04/06/2023) bertempat di Taman Budaya Provinsi Bali Art Centre.

Bali Digifest II 2023 menjadi salah satu festival teknologi digital terbesar di Bali. Tepat pada Jumat (02/06/2023) telah terselenggara Pembukaan Bali Digifest II 2023. Acara ini dihadiri langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Abdullah Azwar Anas, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, serta Gubernur Provinsi Bali I Wayan Koster. Turut hadir pula Rektor INSTIKI I Dewa Made Krishna Muku, S.T., M.T dalam acara ini.

Rektor INSTIKI I Dewa Made Krishna Muku, S.T., M.T dalam Pembukaan Bali Digifest II 2023

Dalam Bali Digifest II 2023, INSTIKI berkesempatan memamerkan beragam karya penelitian dosen dan mahasiswa INSTIKI melalui dua exhibition booth, yakni booth Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) dan Pengelolaan Pusat Studi INSTIKI dengan nama booth XR Digdaya Bali INSTIKI. Mengulik lebih dalam tentang karya-karya inovasi INSTIKI, terdapat ‘Nulis Bali’ yakni aplikasi transliterasi teks latin ke aksara Bali, PaTik Bali (Papan Ketik Aksara Bali Virtual), digitalisasi peninggalan bersejarah Desa Batuan dan Pura Desa Batuan lewat 3D Prasasti Baturan hingga Virtual Tour Bersejarah, inAReality yaitu terobosan dalam dunia pendidikan dan pelestarikan budaya Bali melalui teknologi AR dan VR, dan masih banyak lagi. Semua karya tersebut dapat ditemui dalam Pameran Bali Digifest II 2023.

Gubernur Bali I Wayan Koster Mengunjungi Booth XR Digdaya Bali INSTIKI

Putu Wirayudi Aditama, S.Kom., M.Kom selaku Ketua Pameran Bali Digifest II 2023 INSTIKI sekaligus merupakan KA Departemen Pengelolaan Pusat Studi INSTIKI menyampaikan bahwa hasil penelitian terbaik dari dosen dan mahasiswa INSTIKI yang ditampilkan dalam pameran ini menarik perhatian para pengunjung, salah satunya adalah dari Gubernur Bali I Wayan Koster beserta jajaran.

“Sangat senang sekali booth kita dapat dikunjungi oleh Bapak Gubernur Bali beserta jajaran. Beliau sangat tertarik dengan penelitian-penelitian dari dosen dan mahasiswa INSTIKI, karena kita berfokus juga dalam pelestarian budaya Bali, berfokus kepada digitalisasi budaya,” ujarnya.

Diakhir, Putu Wirayudi Aditama, S.Kom., M.Kom juga menyampaikan harapannya semoga kegiatan seperti ini dapat terselenggara kembali agar produk dari hasil penelitian dosen dan mahasiswa INSTIKI dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas.

Antusiasme Gubernur Bali I Wayan Koster Mengunjungi serta Mencoba Beragam Inovasi Civitas INSTIKI-Kampus IT Terbaik di Bali dan Nusa Tenggara

PENGUMUMAN LAINNYA