Tips Mengatur Keuangan yang Baik Bagi Mahasiswa

Tips Mengatur Keuangan yang Baik Bagi Mahasiswa

Salah satu hal penting yang harus mulai diperlajari oleh mahasiswa adalah belajar mengelola keuangan pribadi dengan baik. Umumnya mahasiswa memiliki penghasilan yang masih terbatas namun memiliki kebutuhan yang terbilang banyak. Apa kamu salah satunya civitas INSTIKI?

Nah untuk mengatasi hal ini, penting bagi mahasiswa untuk dapat mengatur keuangan mereka dengan baik agar tidak mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berikut ini adalah enam tips mengatur keuangan yang baik bagi mahasiswa:

Buatlah Anggaran Bulanan Kamu

Langkah awal adalah dengan membuat anggaran bulanan. Dalam anggaran bulanan ini, tuliskan pendapatan dan pengeluaran yang akan dikeluarkan selama sebulan. Hal ini akan membantumu untuk membatasi pengeluaran dan menghindari kebutuhan yang tidak terlalu penting.

Prioritaskan Kebutuhan

Setelah membuat anggaran bulanan, prioritas kebutuhan harus dipertimbangkan. Kebutuhan utama seperti biaya kuliah, makanan, dan transportasi harus diutamakan. Kebutuhan lainnya seperti hiburan dan belanja dapat diatur sedemikian rupa sehingga tidak melebihi batas anggaran yang telah dibuat.

Hindari Hutang

Hutang dapat menjadi beban yang cukup besar bagi kamu yang belum memiliki pendapatan tetap. Karena itu, hindari hutang jika memungkinkan. Jika memang harus berhutang, pastikan untuk mengatur jangka waktu pembayaran dan memperhatikan bunga yang dibebankan.

Bijak Mengatur Pengeluaran

Kamu dapat melakukan berbagai hal untuk menghemat pengeluaran. Misalnya dengan memilih tempat kos yang murah, memasak sendiri, atau memilih transportasi yang lebih murah. Selain itu, kamu juga harus bijak dalam berbelanja. Berbelanja hanya untuk barang yang memang dibutuhkan, dan memilih barang yang memiliki harga terjangkau.

Cari Sumber Pendapatan Tambahan

Kamu dapat mencari sumber pendapatan tambahan seperti freelance ataupun pekerjaan work from home (WFH).

Mulailah Berinvestasi

Jika kamu memiliki uang lebih, investasikanlah uang tersebut agar dapat menghasilkan keuntungan di masa depan. Misalnya dengan membeli saham ataupun reksadana.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, kamu dapat mengatur keuangan dengan lebih baik baik lagi kedepannya. Temukan informasi menarik dan penting lainnya melalui website Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus swasta terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

PENGUMUMAN LAINNYA