5 Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Bidang Artificial Intelligence (AI)

5 Pekerjaan yang Paling Dibutuhkan di Bidang Artificial Intelligence (AI)

Dunia kerja mengalami perubahan signifikan akibat dari perkembangan Artificial Intelligence (AI) yang semakin canggih. Banyak pekerjaan yang tergantikan akibat dari AI ini. World Economic Forum (WEF) dalam laporan ‘Future of Jobs’ mengungkapkan bahwa hampir seperempat pekerjaan berubah dalam lima tahun ke depan. Diperkirakan sekitar 23% pekerjaan akan terganggu, jadi ada pekerjaan yang hilang dan akan muncul dengan yang baru. WEF memperkirakan dalam waktu lima tahun ke depan, jumlah pekerjaan akan berkurang 14 juta. Bahkan 83 juta pekerjaan akan hilang, dan akan muncul 69 juta pekerjaan baru.

Civitas INSTIKI – kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, jangan berkecil hati ya, karena akan banyak pekerjaan baru yang bermunculan dan sangat dibutuhkan di era modern ini. Inilah lima pekerjaan yang paling dibutuhkan di bidang Artificial Intelligence (AI)!

Data Scientist

Dalam beberapa tahun kedepan kebutuhan akan profesi ini akan trus mengalami peningkatan dan diminati. Data Scientist akan banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Karena hal itu, seorang Data Scientist akan memperoleh gaji pokok yang 36 persen lebih tinggi daripada pekerjaan kebanyakan di industri ini.

Machine Learning Engineer

Machine Learning Engineer bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan sistem pembelajaran mesin. Tugasnya meliputi mengembangkan algoritma pembelajaran mesin, membangun model prediktif, dan mengoptimalkan sistem. Untuk menjadi Engineer Machine Learning, seseorang harus memiliki pemahaman yang mendalam tentang statistik, matematika, dan teknik pemrograman. Profesi ini akan sangat dibutuhkan di bidang AI, civitas INSTIKI!

Data Engineer

Data Engineers punya tanggung jawab untuk menemukan tren dalam pengumpulan data dan pengembangan algoritme data mentah jadi lebih berguna bagi perusahaan. Untuk menjadi Data Engineer, dibutuhkan skill teknis yang signifikan, termasuk pengetahuan mendalam tentang desain database SQL dan berbagai bahasa pemrograman.

AI Scientist

Berikutnya adalah AI Scientist. Profesi ini bekerja dengan teknik pembelajaran mesin tradisional seperti pemrosesan bahasa alami dan jaringan saraf mesin untuk membangun model yang mendukung aplikasi berbasis AI. Karena itu, profesi ini menjadi pekerjaan yang paling dicari perusahaan di bidang AI.

Algorithm Engineer

Profesi Algorithm Engineer berfokus pada desain, analisis, implementasi, optimasi, pembuatan profil, hingga evaluasi eksperimental algoritma komputer. Selain itu, profesi ini juga berperan dalam menjembatani antara teori algoritma dengan aplikasi praktis algoritma dalam rekayasa perangkat lunak.

Dalam memenuhi permintaan pekerjaan di bidang AI yang semakin meningkat, beberapa perguruan tinggi di seluruh dunia mulai menawarkan program pendidikan hingga pelatihan di bidang AI, salah satunya adalah Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah kampus teknologi terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang telah terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. Jika kamu tertarik bekerja di bidang AI, dapat diawali dengan mengambil program studi Teknik Informatika.

PENGUMUMAN LAINNYA

Telusuri Artikel Lainnya