Orang Introvert Juga Bisa Jago Public Speaking!

Orang Introvert Juga Bisa Jago Public Speaking?

Sering mendengar pernyataan “Aku gak bisa ngomong depan umum, soalnya aku introvert” atau “Kamu kan ekstrovert, pasti pinter public speaking”? Civitas INSTIKI – kampus swasta terbaik di Bali, siapa di sini masih suka mengaitkan introvert atau ekstrovert sebagai faktor utama skill public speaking? Ternyata karakter ini gak ada hubungannya sama skill public speaking lho!

Introvert sendiri dideskripsikan sebagai orang yang lebih memfokuskan energi mereka ke “dalam”. Orang introvert cenderung berpusat pada diri sendiri sehingga mereka lebih tertarik dengan pemikiran & perasaan mereka. Sebaliknya, orang ekstrovert justru lebih condong mengarahkan dirinya ke ruang bebas dan suka bersosialisasi (Jung, 1921). Dan tentunya, hal ini tidak ada hubungannya dengan skill public speaking ataupun bisa berbicara di depan umum atau tidak.

Faktanya skill public speaking itu bukan bawaan dari lahir. Orang ekstrovert pun harus belajar dan latihan terlebih dulu agar mereka bisa menyampaikan ide di depan publik dengan baik. Jadi, public speaking adalah kemampuan yang bisa dipelajari dan dilatih oleh siapa saja, ekstrovert maupun introvert. Tahu nggak sih, ternyata public figure introvert yang jago public speaking. Contohnya saja, Maudy Ayunda, Emma Watson, dan bahkan Barack Obama.

Jadi, orang introvert bisa jago public speaking? Sangat bisa, civitas INSTIKI! Malah, menurut Kahnweiler, penulis buku Quiet Influence: The Introvert’s Guide to Making a Difference. Ketika harus public speaking, orang introvert justru mempersiapkan dan berlatih dengan sangat baik. Mereka memanfaatkan power mereka yang cenderung deep thinker.

PENGUMUMAN LAINNYA