Sepenting Apa Kerja Praktik (Magang) Sebelum Lulus Kuliah?

Sepenting Apa Kerja Praktik (Magang) Sebelum Lulus Kuliah?

Kerja Praktik atau yang sering disebut Magang, menjadi salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh mahasiswa sebelum menyelesaikan studinya di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus teknologi terbaik di Bali dan Nusa Tenggara. Apapun program studi yang kamu ambil, mulai dari Sistem Komputer, Teknik Informatika, Desain Komunikasi Visual (DKV), ataupun Bisnis Digital, wajib untuk menyelesaikan Magang.

Walaupun menjadi kegiatan wajib, tetapi perlu untuk diketahui bahwa Magang menjadi kegiatan penting bagi civitas akademika INSTIKI untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah nanti. Berikut adalah beberapa alasan mengapa Magang sangat penting bagi mahasiswa sebelum lulus kuliah!

Meningkatkan Pengalaman Kerja

Magang memberikan pengalaman kerja yang sangat berharga bagi mahasiswa. Selama magang, mahasiswa akan belajar bagaimana cara kerja di dunia kerja yang sesungguhnya sekaligus belajar langsung dari para profesional di bidangnya. Pengalaman kerja ini tentunya akan membantu mahasiswa memahami lebih baik tentang tugas dan tanggung jawab yang dihadapi di dunia kerja sehari-hari, civitas INSTIKI.

Meningkatkan Kemampuan Praktis di Lapangan

Selain mendapatkan pengalaman kerja, Magang juga membantu mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan praktis yang tidak bisa didapatkan dari teori yang diajarkan di dalam kelas. Mahasiswa akan belajar bagaimana cara menyelesaikan masalah yang sebenarnya serta cara berkomunikasi yang baik dengan rekan kerja dan atasan. Kemampuan ini sangat penting bagi mahasiswa untuk bisa mengembangkan keterampilan yang dibutuhkan di dunia kerja.

Membuka Peluang Kerja yang Lebih Luas

Magang juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk membuka peluang kerja di masa depan. Selama Magang, mahasiswa bisa memperluas jaringan dan hubungan dengan para profesional di bidangnya. Selain itu, banyak perusahaan yang memprioritaskan karyawan yang memiliki pengalaman kerja di perusahaan lain. Dengan memiliki pengalaman kerja yang sudah diakui, mahasiswa akan lebih mudah memasuki dunia kerja.

Dapat Membangun CV dan Portofolio Profesional

Setelah menyelesaikan Magang, pengalamanmu tentunya akan bertambah. Dengan pengalaman yang dimiliki ini, mahasiswa dapat membangun CV dan portofolio yang profesional.

Meningkatkan Kredibilitas

Pengalaman kerja yang didapatkan dari Magang juga meningkatkan kredibilitas atau tingkat kepercayaan. Mahasiswa yang memiliki pengalaman kerja biasanya dianggap lebih siap untuk menghadapi dunia kerja dan dianggap lebih kompeten. Hal ini akan membantu mahasiswa untuk memperoleh kesempatan kerja yang lebih baik dan menjadi lebih kompetitif di dunia kerja.

Itulah pentingnya Magang sebelum lulus kuliah bagi mahasiswa. Ketika kamu memutuskan untuk kuliah di Bali di INSTIKI, kamu akan difasilitasi dan diwajibkan untuk Magang di perusahaan yang kamu inginkan dan disesuaikan dengan skill yang kamu miliki.

PENGUMUMAN LAINNYA