15 Istilah Penting yang Perlu Dipahami oleh Digital Marketer

15 Istilah Penting yang Perlu Dipahami oleh Digital Marketer!

Seiring dengan perkembangan teknologi dan digitalisasi yang semakin pesat, profesi digital marketer menjadi semakin penting dalam dunia bisnis. Dalam menjalankan tugasnya, seorang digital marketer perlu memahami istilah-istilah penting yang terkait dengan pekerjaannya agar dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Berikut adalah 15 istilah penting yang perlu dipahami oleh digital marketer, yuk kita simak berdama kampus bisnis terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI).

SEO (Search Engine Optimization)

Adalah teknik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas organik ke suatu situs web melalui upaya-upaya yang terkait dengan mesin pencari.

SEM (Search Engine Marketing)

Sementara SEM adalah teknik untuk meningkatkan visibilitas dan mempromosikan situs web melalui pembelian iklan di mesin pencari.

Social Media Marketing

Strategi pemasaran yang fokus pada penggunaan platform media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan.

PPC (Pay-Per-Click)

Istilah ini merujuk pada model bisnis di mana pengiklan membayar setiap kali pengguna mengklik iklan mereka. PPC adalah salah satu bentuk iklan di SEM.

CTR (Click-Through Rate)

Adalah istilah yang merujuk pada persentase pengguna yang mengklik iklan dibandingkan dengan jumlah pengguna yang melihat iklan tersebut.

CPC (Cost-Per-Click)

Yakni biaya yang harus dibayar oleh pengiklan setiap kali pengguna mengklik iklan mereka.

CPM (Cost-Per-Mille)

Istilah ini merujuk pada biaya yang harus dibayar oleh pengiklan setiap kali iklan mereka ditampilkan sebanyak 1.000 kali.

CPA (Cost-Per-Acquisition)

Adalah biaya yang harus dibayar oleh pengiklan setiap kali terjadi tindakan yang diinginkan oleh pengiklan, seperti pembelian produk atau mendaftar ke situs web.

Conversion Rate

Merupakan persentase pengguna yang melakukan tindakan yang diinginkan oleh pengiklan, seperti pembelian produk atau mendaftar ke situs web.

Call-to-Action

Merupakan elemen di halaman web yang mengarahkan pengguna untuk melakukan tindakan yang diinginkan oleh pengiklan.

Landing Page

Landing page adalah istilah merujuk pada halaman web di mana pengguna akan dibawa setelah mengklik iklan. Halaman ini dirancang untuk mempengaruhi pengguna untuk melakukan tindakan yang diinginkan oleh pengiklan.

Email Marketing

Istilah ini merujuk pada strategi pemasaran yang fokus pada pengiriman pesan email ke daftar kontak yang telah disusun dengan tujuan mempromosikan produk atau layanan, membangun hubungan dengan pelanggan, serta meningkatkan penjualan.

Content Marketing

Ini merupakan strategi pemasaran yang fokus pada pembuatan dan distribusi konten yang relevan dan berharga untuk menarik dan mempertahankan audiens.

Influencer Marketing

Yakni strategi pemasaran di mana pengiklan bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikan produk atau layanan mereka.

Analytics

Adalah sebuah pengukuran dan analisis data untuk memahami perilaku pengguna dan mengukur efektivitas kampanye pemasaran. Dalam digital marketing, analytics sering digunakan untuk mengukur lalu lintas situs web, konversi, dan pengaruh kampanye pemasaran terhadap penjualan.

Itulah 15 istilah penting yang perlu kamu pahami untuk menjadi digital marketer handal. Dalam dunia bisnis yang terus berkembang dan berubah dengan sangat pesat ini, sangat penting untuk terus belajar dan beradaptasi agar tetap relevan dan sukses dalam menghadapi tantangan yang muncul, termasuk ketika ingin menjadi digital marketer.

Kamu ingin menjadi digital marketer? Profesi ini sangatlah dibutuhkan oleh setiap perusahaan, lho. Untuk mengawali berkarir di bidang ini, kamu dapat mengambil program studi S1 Bisnis Digital di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI).

Secara umum program studi Bisnis Digital merupakan program studi yang mempelajari ilmu manajemen bisnis yang digabungkan dengan teknologi. Dalam hal ini, mahasiswa diharapkan untuk fokus pada teknologi baru dan penerepannya dalam dunia bisnis. Dengan begitu lulusan dari program studi ini diharapkan mampu menjadi sumber daya manusia yang mampu menguasai seluk-beluk dunia bisnis digital yang sesungguhnya.

Adapun mata kuliah yang dipelajari dalam program studi ini, yaitu sebagai berikut:

  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Pemasaran
  • Manajemen SDM
  • Manajemen Operasional
  • Pengantar Manajemen Bisnis

Materi khusus pada program studi Bisnis Digital yaitu:

  • Kewirausahaan Digital
  • Pemasaran Digital
  • E-Commerce
  • Etika Bisnis
  • Analisa Bisnis Digital
  • Dan masih banyak lagi

Bagaimana, sudah siap berkarir menjadi digital marketer?

Penulis: Ni Made Padmawati (Humas INSTIKI)

PENGUMUMAN LAINNYA