20 Istilah Asing dalam Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

20 Istilah Asing dalam Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV)

Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah salah satu jurusan yang populer saat ini, termasuk di Indonesia. Jurusan ini berkaitan dengan pembuatan desain visual yang digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi kepada publik. Institut Bisnis dan Teknologi adalah salah satu kampus desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang memiliki jurusan DKV, jurusan ini telah terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional.

Dalam jurusan DKV, terdapat banyak istilah asing yang digunakan. Kali ini untuk menunjang jurusan DKV, INSTIKI membahas 20 istilah asing yang sering digunakan.

Typography

Typography ialah istilah yang mengacu pada seni dan teknik menciptakan dan mengatur huruf untuk menciptakan tampilan visual yang estetis.

Layout

Layout adalah tata letak visual dari elemen-elemen desain pada sebuah karya desain. Layout harus memperhatikan prinsip desain seperti keseimbangan, kontras, harmoni, dan yang lainnya.

Hierarchy

Hierarchy merupakan cara untuk menempatkan elemen pada desain dalam sebuah tampilan visual agar siapa saja yang melihat visual tersebut dapat memahami pesan yang ingin disampaikan.

Grid

Grid merupakan sistem penataan atau susunan bingkai ataupun garis bantu yang digunakan dalam proses desain. Grid dapat membuat tata letak elemen-elemen desain yang konsisten dan teratur.

White Space

White space ialah area kosong di antara elemen desain yang memungkinkan pembaca fokus pada elemen desain yang penting. White space juga dikenal sebagai “ruang napas” atau “ruang negatif”.

Contrast

Adalah perbedaan visual antara dua elemen desain. Kontras sering digunakan untuk menarik perhatian dan membedakan elemen-elemen yang berbeda pada sebuah tampilan visual.

Composition

Composition merupakan cara mengatur elemen dalam desain suatu tampilan visual. Komposisi yang baik harus mempertimbangkan prinsip desain seperti keseimbangan, harmoni, dan proporsi.

Visual identity

Visual identity merupakan serangkaian elemen desain yang mencakup logo, warna, dan elemen visual lainnya yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu merek atau organisasi.

Branding

Merupakan kegiatan memberikan nama, merek, logo, dan lainnya yang memberikan identitas pada produk sehingga menjadikannya berbeda dengan produk pesaing.

Pixel

Pixel ialah elemen dasar dalam gambar digital, yang merupakan titik terkecil dalam gambar. Semakin banyak pixel dalam gambar, semakin jelas gambar tersebut.

Infographics

Infographics adalah tampilan visual yang menyajikan informasi atau data dengan cara yang mudah dipahami dan menarik, civitas INSTIKI!

Vector

Vector merupakan bentuk gambar digital yang dibuat dengan garis dan kurva matematis, sehingga dapat diperbesar tanpa kehilangan kualitas atau kejernihan gambar.

RGB

Merupakan singkatan dari Red, Green, Blue. Ini merupakan model warna yang digunakan dalam tampilan visual digital. RGB digunakan dalam monitor, kamera digital, hingga perangkat elektronik lainnya.

CMYK

CMYK merupakan singkatan dari Cyan, Magenta, Yellow, dan Key (Black), adalah model warna yang digunakan dalam mencetak dokumen atau materi cetak. CMYK digunakan pada printer dan mesin percetakan.

DPI

Yakni singkatan dari Dots Per Inch. Ini adalah ukuran kepadatan titik pada gambar atau cetakan. Semakin banyak titik per inci, semakin tajam dan detail gambar atau cetakan.

Bleed

Bleed ialah area tambahan di sekitar tepi sebuah dokumen atau desain yang diperlukan saat mencetak untuk memastikan bahwa warna dan gambar mencakup seluruh permukaan dokumen ataupun desain.

Prototype

Merupakan model awal dari sebuah produk atau desain yang digunakan untuk menguji fungsionalitas dan kegunaan produk sebelum diproduksi atau diluncurkan.

Mockup

Mockup yakni model atau representasi visual dari sebuah desain atau produk yang digunakan untuk memperlihatkan tampilan final produk sebelum diproduksi atau diluncurkan.

User interface (UI)

User interface (UI) merupakan tampilan visual dari sebuah produk atau aplikasi yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan produk tersebut. Desain UI harus memperhatikan aspek fungsionalitas dan pengalaman pengguna (user experience/UX).

Wireframe

Wireframe merupakan representasi sederhana dari tampilan visual sebuah produk atau desain, biasanya digunakan untuk menentukan struktur dan susunan elemen-elemen desain.

Itulah 20 istilah asing yang sering digunakan dalam jurusan Desain Komunikasi Visual. Pemahaman akan istilah-istilah ini sangat penting bagi para mahasiswa DKV untuk memperluas pengetahuan dalam dunia desain visual.

PENGUMUMAN LAINNYA