RISET: Usia 20-an = Periode Terpenting dalam Hidup!

Meg Jay, Clinical Psychologist (Sumber: ted.com)

Menurut Psikolog Klinis, Meg Jay dalam The Defining Decade, usia 20an merupakan usia matang yang secara psikologis dan biologis. Hampir semua keputusan penting dalam hidup juga diambil di usia 20-an.

Karir

Contohnya saja, 10 tahun pertama dalam karir cenderung menentukan kesuksesan. Misalnya ketika lulus kuliah usia 22 tahu . Lalu memperoleh pekerjaan sekitar di usia 23-33 tahun. Serta kemungkinan katir selanjutnya akan semakin baik.

Jodoh

Dan ketika berbicara mengenai jodoh, umumnya akan dipertemukan dengan jodoh pada usia 20-30an. Fertilitas perempuan matang di usia 20-an, dan mulai turun di usia 35-an

Kematangan Otak

Otak kita mencapai puncak kematangan di usia 20-25an. Alasan inilah mengapa kita perlu belajar banyak hal di umur 20-an.

Namun walaupun demikian, hidup ini tidak dapat diprediksi. Banyak faktor lain yang mempengaruhi kehidupan seseorang, misalnya seperti keberuntungan, dan lain sebagainya. Untuk itu Meg Jay memiliki beberapa saran untuk kamu yang masih berada di usia 20-an. Yuk kita simak bersama kampus swasta terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI).

Perluas Circle Petemanan

Jangan batasi pertemanan kita hanya ke orang yang sepaham atau sepemikiran saja dengan kita. Hal baru, jatingan baru, pemikiran baru, biasanya akan datang dari “weak ties”: Temannya temannya teman. Pernah mendengar kalimat itu civitas INSTIKI?

Pilih “Keluarga” Kita

Kita tidak bisa memilih oleh siapa kita dilahirkan. Tetapi, kita bisa memilih orang yang mau kita jadikan partner seumur hidup, maka jangan sampai salah pilih!

Timeline Tiap Orang Berbeda-beda

Siapa bilang kita harus sukses dan stabil di usia 20-an? Ingat ya civitas INSTIKI, timeline setiap orang itu berbeda-beda, tidak bisa di sama-ratakan. Walaupun demikian untuk menjadi sukses di usia muda bukan menjadi kata yang mustahil untuk diraih. Ada banyak jalan untuk meraih kesuksesan, salah satunya dengan pendidikan dan perkaya skill diri sehingga impian dapat digapai.

Tentukan apa yang ingin kamu raih dan pilih jurusan yang sesuai dengan minat dan bakatmu, berkuliahlah di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah perguruan tinggi terkemuka di Bali yang telah terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional yang memiliki 4 jurusan unggulan, yakni S1 Sistem Komputer, Teknik Informatika, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital.

Jadi, usia 20-an jangan hanya dianggurin saja, yuk asah skill diri!

PENGUMUMAN LAINNYA