Ajang Berekspresi Melalui Seni, Artspirasi 8 Jadi Wadah Kreatif Generasi Muda Unjuk Diri!

Ajang Berekspresi Melalui Seni, Artspirasi 8 Jadi Wadah Kreatif Generasi Muda Unjuk Diri!

Di tahun 2023, Artspirasi kembali hadir ke-8 kalinya memberikan wadah bagi generasi muda mengekspresikan diri melalui seni dalam tema yang bertajuk “Express Yourself Through Art”. Sebuah gelaran yang selenggarakan atas kolaborasi tiga UKM Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), yakni UKM Himpunan Fotografer INSTIKI, UKM Lingkar Film, dan UKM GRADASI INSTIKI.

Dengan misi ekspresikan diri melalui seni, Artspirasi 8 sukses menyelenggarakan rangkaian acara mulai dari Seminar Nasional oleh tiga UKM yang sekaligus menjadi pembuka gelaran Artspirasi 8, Lomba Photography, Pameran Artspirasi 8, dan diakhiri dengan mini konser sebagai penutupan acara.

Tiga Seminar Nasional dalam Artspirasi 8 diselenggarakan dengan mengambil tema yang menarik namun sangat dibutuhkan oleh generasi muda penggiat dunia seni. Diantaranya Seminar Nasional “Nilai Jual di Setiap Karya Seni” pada Kamis (16/02/2023) mengundang Ngurah Yudha sebagai pembicara, ia merupakan Visual Hermit, 2D Animator, & Illustrator profesional. Materi yang dibawakan tentang bagaimana seseorang menciptakan atau membuat sebuah film animasi untuk memiliki nilai jual yang tinggi.

Seminar Nasional “Apa Itu Culture Photography?”

Dilanjutkan dengan Seminar Nasional “Apa Itu Culture Photography?” dengan mengundang pembicara yang merupakan photographer professional, Tjandra Hutama. Dalam seminar ini, peserta diajak untuk memahami apa saja yang harus dilakukan sebelum melakukan pemotretan Budaya, di mana dan kapan pemotretan yang tepat dilakukan. Dalam seminar ini juga beberapa hasil potretan Tjandra Hutama ditunjukkan kepada peserta seminar, dan dijelaskan bagaimana cara dia memotret agar mendapatkan hasil yang maksimal.

“Teruslah mencoba, jangan pernah takut menjadi seorang photografer profesional. Tidak ada batasan untuk kita berkarya dan jangan takut bersaing, jadilah photografer yang bisa mencipktakan karya yang unik,” pesan Tjandra Hutama kepada peserta seminar.

Lalu digelar Seminar Nasional “Bagaimana Brainstorming Film dari Erict Est” yang mengundang secara langsung Erict Est, sutradara film sebagai pembicara. Sebelum ia menyampaikan materi, diputar salah satu film hasil karyanya untuk ditonton oleh peserta dilanjutkan dengan penyampaian materi “How to Make a Movie”.

Pameran Artspirasi 8

Sabtu (18/02/2023), Artspirasi 8 mengadakan Pameran Artspirasi 8 yang bertempat di Warung Semana. Karya seni yang ditampilkan tak hanya dari civitas INSTIKI melainkan pula dari siswa hingga mahasiswa dari berbagai sekolah dan kampus di Bali.

Acara penutupan Artspirasi 8 dimeriahkan oleh penampilan band pada Minggu (19/02/2022) bertempat di Warung Semana. Pada kesempatan ini diumumkan pula pemenang Lomba Photography dengan tema “Explore Balinese Culture” diantaranya yaitu:

Juara 1: I Made Bagus Pradipa Nala Permana
Juara 2: Gede Wika Satria Wiguana
Juara 3: Mahha Bunma Sutthanak Damma

Pemenang Lomba Photography

“Artspirasi 8 yang diselenggarakan di tahun ini sudah berhasil kami adakan dan semuanya berjalan dengan lancar sesuai rencana, dan saya berharap peserta yang berpartisipasi mulai dari awal kegiatan sampai penutupan dapat mengambil makna kegiatan ini di mana mereka bisa mengekpresikan diri melalui seni,” Ujar ketua panitia, Gede Agus Okta Dinata.

Penulis: UKM Jurnalistik dan Pers INSTIKI

Editor: Ni Made Padmawati

PENGUMUMAN LAINNYA