Cara Mengevaluasi Keuangan Pribadi Agar Sesuai Plan!

Cara Mengevaluasi Keuangan Pribadi Agar Sesuai Plan!

Evaluasi keuangan pribadi menjadi hal penting untuk dilakukan sedari muda, apalagi kamu sedang berkuliah di kampus swasta terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI).

Sedari muda, berpikir jangka panjang mengenai keuangan pribadi agar dapat mencapai tujuan keuangannmu menjadi hal yang perlu direncanakan. Lalu, bagaimana cara efektif untuk mengevaluasi keuangan pribadi kamu? Inilah caranya!

Pertama, Buatlah Catatan Keuangan dan Tentukan Tujuan Keuanganmu

Catat semua pemasukan dan pengeluaranmu selama periode waktu tertentu, misalnya setiap bulan. Ini membantumu melihat apa saja yang mengeluarkan uangmu dan di mana kamu bisa menghemat. Selain itu, tentukan juga apa tujuan keuangan jangka pendek dan jangka panjangmu. Misalnya, mungkin kamu ingin membeli rumah atau melanjutkan studi S2 dalam 5 tahun, atau mempersiapkan dana untuk berbisnis.

Analisis Pengeluaran

Lihat apa saja yang kamu belanjakan dan bagaimana mengeluarkan uangmu mempengaruhi tujuan keuanganmu. Apakah kamu terlalu banyak membelanjakan uangmu untuk barang-barang yang tidak penting? Apakah kamu bisa menghemat uang dengan mengurangi pengeluaran ini?

Tentukan Prioritas

Tentukan apa yang paling penting bagimu dan bagaimana kamu bisa memprioritaskan pengeluaranmu untuk memenuhi tujuan keuanganmu. Misalnya, kamu harus mengurangi pengeluaran kuliner atau pakaian untuk untuk membangun bisnis sedari muda.

Buat Rencana Penghematan atau Rencana Menaikan Penghasilan

Buat rencana bagaimana kamu akan menghemat uangmu untuk mencapai tujuan keuangan. Jika ini sulit dilakukan, dapat diimbangi dengan menaikan penghasilan. Mahasiswa-pun dapat melakukan tips ini dengan mengampil pekerjaan paruh waktu atau berbisnis sembari berkuliah.

Evaluasi Secara Teratur

Evaluasi keuangan pribadimu secara teratur, misalnya setiap 1, 3, atau 6 bulan, untuk memastikan kamu tetap memenuhi tujuan keuanganmu dan melakukan perubahan jika perlu.

Itulah beberapa cara efektif untuk mengevaluasi keuangan pribadi. Dengan melakukan evaluasi ini, kamu bisa memastikan untuk dapat mencapai tujuan keuangan yang kamu tercanakan.

PENGUMUMAN LAINNYA