Apa Itu Coding?

Bahas Coding Bersama Kampus IT Teknologi Terbaik di Bali dan Nusa Tenggara – INSTIKI

Coding adalah istilah yang sering kita dengar saat berbicara tentang teknologi. Tapi apa sih sebenarnya coding itu?

Menurut Dr. John F. Sowa, seorang ahli dalam bidang sistem informasi, coding adalah “proses mengkonversi pikiran manusia ke bahasa mesin yang dapat dipahami oleh komputer”. Ini membutuhkan pemikiran logis dan analitis, serta kemampuan untuk memahami bahasa pemrograman.

Profesor David Malan dari Harvard University menambahkan bahwa coding membantu membangun kemampuan problem solving dan kreativitas. Ia mengatakan bahwa coding membantu seseorang untuk memecahkan masalah dengan cara yang lebih efektif dan efisien, serta membantu mereka untuk mengejar ide-ide mereka dan mengubahnya menjadi realitas. Menurut Dr. Mark Guzdial, seorang profesor dalam bidang teknologi informasi di Georgia Institute of Technology, coding juga memiliki dampak besar pada dunia kerja. Ia mengatakan bahwa kemampuan coding sangat dibutuhkan dalam banyak bidang, seperti teknologi informasi, bisnis, dan ilmu pengetahuan.

Jika disimpulkan, coding adalah proses menulis atau membuat kode-kode untuk membuat suatu program atau aplikasi. Coding memungkinkan kita untuk mengontrol komputer dan membuatnya melakukan hal-hal yang kita inginkan.

Banyak orang yang beranggapan bahwa coding adalah hal yang sulit dan membosankan. Padahal, coding bisa jadi hal yang sangat menyenangkan dan membuat kita merasa bangga setelah berhasil membuat suatu program.

Coding juga sangat berguna bagi kemajuan teknologi. Tanpa coding, kita tidak akan bisa menikmati aplikasi-aplikasi canggih seperti Facebook, Instagram, atau mesin pencari Google.

Nah, jika kamu tertarik untuk belajar coding, kamu bisa memulainya dengan mempelajari bahasa pemrograman seperti Python, Java, atau C++. Ada banyak sumber belajar yang bisa kamu temukan. Namun jika ingin mendalami dunia coding itu sendiri, berkuliahlah di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) dengan mengambil jurusan S1 Teknik Informatika. INSTIKI adalah kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang telah terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional, memiliki kurikulum modern, tenaga pengajar yang handal, serta fasilitas penunjang yang berbasis IT.

PENGUMUMAN LAINNYA