Perempuan Berkarir di Bidang IT!? Why Not!

Perempuan Berkarir di Bidang IT!? Why Not!

Mengulik lebih dalam dunia IT, tenyata lebih banyak didominasi oleh pekerja laki-laki dibandingkan perempuan. Perempuan masih menjadi minoritas di bidang ini. Dilansir dari Katadata, di bidang sains, teknologi, dan matematika, perempuan hanya mengisi 2 dari 10 pekerja profesional dan 3 dari 10 peneliti. Data ini diambil dari penelitian UNESCO tahun 2017 di 6 negara pada kawasan Asia-Pasifik.

Selain itu, di dalam dunia teknologi internasional pun peran perempuan masih jauh dari angka 50%. Dilansir dari Company Reports StatistaCharts, Maret 2019, persentase pekerja perempuan dalam perusahaan besar sepert Facebook masih berada di angka 22% dibandingkan laki-laki, Netflix hanya 30%, Twitter dengan angka 17%, serta Google di angka 21%.

Meskipun begitu, kaum perempuan sangat dapat berkarir di bidang IT. Karena dunia teknologi akan selalu berkembang, maka siapa saja dapat menggeluti dunia ini tanpa memandang gender. Profesi di bidang IT itu lebih mementingkan kualitas dan keahlian seseorang, dibandingkan gender. Jika kamu memiliki hard skill dan soft skill yang mumpuni dan setara atau bahkan melebihi, gender tak akan lagi menjadi penghalang untuk berkarir di profesi impian.

Masih nggak yakin untuk berkarir di bidang IT? Satu fakta ini akan membuka pikiranmu. Bahwa siapa sangka programmer pertama di dunia adalah seorang perempuan?

Ada Lovelace (Sumber: idntimes.com)

Ialah Ada King Countess of Lovelace atau lebih dikenal dengan Ada Lovelace adalah programmer pertama di dunia, civitas INSTIKI! Tak hanya itu, ia juga menciptakan bahasa pemrograman pertama kali di dunia. Penemuan-penemuan ciptaannya bahkan mendahului sebelum adanya nama-nama programmer terkenal seperti Bill Gates pencipta Microsoft ataupun Mark Zuckerberg pencipta Facebook. Keren banget nggak tuh!?

Gimana… gimana??? Sudah siap mengawali karir di bidang IT yang punya prospek masa depan cerah? Kamu dapat mengawalinya dengan berkuliah di kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI memiliki program studi S1 Teknik Informatika dan S1 Sistem Komputer yang telah terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. Pilih dulu jurusan favoritmu, lalu raih karir impianmu!

PENGUMUMAN LAINNYA