Apa Itu Cyber Security dan Manfaatnya Bagi Bisnismu?

Apa Itu Cyber Security dan Manfaatnya Bagi Bisnismu?

Di era digital seperti saat ini, cyber security sangat berperan penting dalam melindungi data dan sistem dari serangan cyber yang terjadi. Cyber security merupakan upaya yang dilakukan untuk melindungi sistem komputer dari berbagai ancaman atau akses ilegal. Dilansir dari CISCO, cybersecurity adalah proses perlindungan sistem, data, jaringan, dan program dari ancaman atau serangan digital. Keamanan sistem ini sangatlah penting bagi tiap perusahaan hingga institusi. Dilansir dari Nouveau, inilah manfaat yang akan diperoleh ketika cyber security dijalankan dengan optimal. Yuk kita bahas bersama kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)!

Informasi Pribadi Lebih Terjaga

Manfaat utama ketika ciber security dijalankan dengan baik adalah informasi pribadi bisnismu akan terjaga. Dewasa ini, informasi pribadi menjadi sesuatu yang sangat berharga dan rentan untuk disalahgunakan. Jika virus berhasil mengambil informasi pegawai atau bahkan pelangganmu, informasi yang didapatkan secara ilegal tersebut dapat disalahgunakan untuk melakukan pemerasan ataupun diperjualbelikan.

Lebih Produktif Lagi

Virus dan serangan cyber dapat sangat memengaruhi produktivitas bisnismu.
Jika komputer terkena virus, pekerjaan jadi terhambat dan jika virus benar-benar membahayakan, kemungkinan besar kamu harus mengganti dengan komputer baru. Namun, jika menggunakan solusi cyber security, maka perusahaan akan lebih produktif termasuk bagi karyawan.

Website dan Media yang Lainnya Dapat Diakses!

Bisnis apapun yang dijalani, biasanya memiliki website dan medianya sendiri. Ketika sistem terkena virus atau ancaman, besar kemungkinan website terpaksa mengalami shutdown. Ketika hal tersebut terjadi, tim IT membutuhkan waktu untuk memulihkan website, dan bisnismu terpaksa kehilangan pelanggan yang ingin membuka website di saat yang bersamaan. Dalam jangka panjang, pelanggan dapat berpikir dua kali jika ingin melakukan transaksi di bisnismu karena kendala tersebut.

Tetap Menjaga Kepercayaan Pelanggan

Saat terkena ancaman cyber, bisnismu dapat terkendala dan mempengaruhi kepercayaan konsumen. Maka, perlu adanya cyber security agar pelanggan akan lebih percaya untuk membeli produk atau menggunakan jasamu. Tak hanya itu, jika pelanggan tahu pernah terjadi penerobosan sistem, secara tidak langsung mereka akan takut memasukkan data pribadi yang dibutuhkan ketika ingin melakukan transaksi.

Kuliah di INSTIKI, Pelajari Cyber Security!

Cyber security menjadi salah satu mata kuliah penting yang diajarkan dalam program studi Teknik Informatika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) – kampus teknologi terbaik di Bali dan Nusa Tenggara. Tak hanya berfokus pada teori saja, kamu akan diajarkan praktik langsung penerapan cyber security yang sesungguhnya. Gimana, tertarik berprofesi di bidang cyber security? mengawali karir di bidang ini dapat dimulai dari kampus IT – INSTIKI. Pelajari lebih lengkap tentang program studi Teknik Informatika INSTIKI dengan klik di sini!

PENGUMUMAN LAINNYA