4 Hal Ini Selalu Ada di Tiap Bahasa Pemrograman, Apa Saja?

4 Hal Ini Selalu Ada di Tiap Bahasa Pemrograman, Apa Saja?

Civitas INSTIKI – kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara! Pernahkah kamu memperhatikan ini saat ngoding, walaupun berbeda sintaks, ternyata setiap bahasa pemrograman mempunyai kemiripan satu sama lain lho. Empat hal ini selalu ada dan nggak pernah lepas dalam bahasa pemrograman. Apa saja itu?

Variabel

Variabel adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan data. Setiap variabel memiliki nama yang unik dan dapat diisi dengan berbagai tipe data.

Tipe Data

Tipe data merupakan jenis dari data yang dapat ditampung oleh suatu variabel. Beberapa tipe data dasar yang biasa kita jumpai seperti integer (bilangan bulat), float (bilangan pecahan), string (teks), dan boolean (benar/salah), dan yang lainnya.

Perulangan

Loop atau perulangan adalah konstruksi pemrograman yang memungkinkan kode untuk dijalankan secara berulang-ulang. Jenis perulangan yang sering kita jumpai seperti for loop atau while loop.

Kondisional

Kondisional ialah konstruksi pemrograman yang memungkinkan kode untuk dijalankan hanya jika ketika kondisi tertentu terpenuhi. Contoh kondisional dapat dibuat dengan perintah if, else, dan yang lainnya.

Civitas INSTIKI, yang mana nih menurut kamu paling sulit untuk dipahami?

Memperdalam skill coding menjadi satu hal yang penting di era digital seperti sekarang ini. Kamu ingin memperdalam skill codingmu? Langkah awal untuk bisa jago coding sehingga dapat meraih impian untuk menjadi profesional di bidangnya adalah dengan berkuliah di kampus teknologi terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI).

INSTIKI adalah perguruan tinggi terkemuka yang berlokasi di pusat Kota Denpasar, Bali yang telah terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. Untuk dapat jago coding, ambilah jurusan S1 Teknik Informatika!

PENGUMUMAN LAINNYA