Kenali Istilah dalam Dunia Perbankan Yuk!

Kenali Istilah dalam Dunia Perbankan Yuk!

Civitas INSTIKI – kampus swasta terbaik di Bali dan Nusa Tenggara! Yuk, kenali dan pelajari istilah-istilah dalam dunia perbankan yang akan sering kamu temui. Apa saja itu? Simak artikel berikut ini!

Agunan

Adalah jaminan yang diserahkan nasabah kepada bank dalam rangka pemberian fasilitas pembiayaan ataupun kredit.

Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

Yang ini pasti civitas INSTIKI sudah sering dengar nih. ATM atau Anjungan Tunai Mandiri, atau Automatic Teller Machine, adalah mesin dengan sistem komputer yang diaktifkan dengan menggunakan kartu magnetik bank yang bersandi atau berkode.

Lewat mesin ATM, nasabah bisa melakukan transaksi keuangan seperti menabung, mengambil uang tunai, transfer antar rekening, dan transaksi keuangan lainnya.

BI Checking atau Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK

BI Checking merupakan layanan informasi mengenai riwayat kredit dalam Sistem Informasi Debitur (SID), di mana informasi kredit nasabah akan saling dipertukarkan antar lembaga keuangan dan bank.

Dengan BI Checking, pemberi pinjaman seperti bank dan lembaga keuangan non-bank dapat melihat apakah nasabah layak atau tidak untuk diberikan pinjaman. Namun, BI Checking kini berganti nama menjadi Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) OJK.

Kartu kredit

Kartu yang diterbitkan oleh bank atau perusahaan kartu kredit, yang diberikan kepada nasabah yang telah memenuhi semua persyaratan.

Bunga bank

Ada 2 pengertian bunga dalam perbankan, yang pertama adalah sebagai imbalan yang diberikan pihak bank kepada nasabah atas simpanan uang mereka di bank, baik tabungan maupun deposito. Yang kedua adalah bunga pinjaman yang ditetapkan bank kepada peminjam sebagai balas jasa atas pinjaman yang didapatkannya.

Cek

Adalah bukti perintah tertulis nasabah kepada bank untuk mencairkan dananya dalam jumlah tertentu atas namanya atau atas penunjukan.

Tenor

Tenor merupakan suatu jangka waktu yang diberikan. Dalam konteks angsuran, tenor adalah jangka waktu yang diberikan oleh kreditur kepada debitur dalam pembayaran angsuran. Lalu dalam deposito, tenor merupakan jangka waktu yang diberikan oleh bank kepada nasabah untuk periode deposito, mulai dari 1, 3, 6, hingga 12 bulan.

Giro

Rekening giro adalah simpanan nasabah dalam rupiah ataupun mata uang asing.

Personal Identification Number (PIN)

PIN ialah kombinasi angka yang digunakan dalam mengakses suatu akun ataupun rekening bank.

Itulah beberapa istilah perbankan yang perlu kamu tahu, civitas INSTIKI!

PENGUMUMAN LAINNYA