Cedil, Seniman Bali yang Medunia Jadi Pembicara Workshop Nasional UKM Tari & Tabuh INSTIKI

Workshop Nasional “Abhyastana Sani Bharana Mukha Bhudayah”

Minggu (08/01/2022), Unit kegiatan mahasiswa (UKM) Seniman Tari dan UKM Tabuh “Arsanta Adhimukti” Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) menggelar Workshop Nasional yang bertajuk “Abhyastana Sani Bharana Mukha Bhudayah” bertempat di kampus INSTIKI – kampus swasta terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

“Abhyastana Sani Bharana Mukha Bhudayah” menjadi tema yang diangkat yang mengartikan “belajar seni mempertahankan wajah budaya”. Berfilosofikan generasi muda di jaman sekarang sangat jarang ditemui yang mempelajari seni dan bergelut di bidang seni, maka dari itu INSTIKI mengajak dan memperkenalkan seni agar generasi muda dapat mempertahankan warisan turun-temurun Indonesia.

Workshop Nasional “Abhyastana Sani Bharana Mukha Bhudayah”

Workshop Nasional ini sangatlah istimewa karena langsung mengundang Seniman Tari, Karawitan, sekaligus Pelawak kenamaan Bali yang telah dikenal hingga ke mancanegara, ialah I Ketut Suanda, S.Sn., M.Sn alias Cedil.

Acara dimulai dengan sambutan dari Rektor INSTIKI, I Dewa Made Krishna Muku, S.T.,M.T yang sekaligus membuka Workshop Nasional. Lalu dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Cedil sekaligus melatih praktik tetabuhan dan tari Bali untuk laki-laki. Sementara, tari untuk perempuan dilatih langsung oleh Ida Ayu Triana Titania Manuaba, S.Sn., M.S yang juga menjadi moderator dalam Workshop Nasional ini.

Workshop Nasional “Abhyastana Sani Bharana Mukha Bhudayah”

Melalui diselenggarakannya Workshop Nasional ini, diharapkan dapat membentuk kecintaan generasi muda terhadap seni & budaya Indonesia, serta melatih secara langsung seni tradisional khususnya dalam tari tradisional Bali dan seni tetabuhan.

Penulis: Mutiara Adekatari
Editor: Ni Made Padmawati

Workshop Nasional “Abhyastana Sani Bharana Mukha Bhudayah”

PENGUMUMAN LAINNYA