Cara Memutus Sandwich Generation, Harus Bisa Berhenti di Kamu!

Cara Memutus Sandwich Generation, Harus Bisa Berhenti di Kamu!

Civitas akademika, pernakah kamu mendengan istilah sandwich generation atau generasi sandwich? Beberapa waktu belakangan ini istilah sandwich generation menjadi banyak dibahas oleh masyarakat.

Sandwich generation adalah istilah yang menggambarkan seseorang yang sedang menanggung dan menghidupi dua hingga tiga generasi, mulai dari generasi atas (orang tua atau kakek nenek), kamu sendiri, serta generasi di bawahnya (anak atau cucu). Sandwich generation terjebak dan terimpit kebutuhan dari berbagai pihak. Karena itulah istilah sandwich dipakai.

Menjadi generasi roti lapis pastinya tidaklah mudah. Ia harus menghidupi generasi di atas dan di bawahnya secara bersamaan. Lantas, bagaimana cara memutur rantai Sandwich generation? Simak artikel berikut ini!

Semasih Muda, Buatlah Bisnis ataupun Bekerja dengan Cerdas

Siapkan diri dengan skill-skill yang telah kamu peroleh semasa berkuliah ataupun semasa di bangku sekolah untuk berkarir di berbagai perusahaan impian ataupun membuat bisnismu sendiri.

Mengelola Keuangan dengan Baik

Mengelola keuangan menjadi hal yang penting untuk dilakukan walaupun kamu masih terbilang berusia muda. Penting untuk tahu mana yang merupakan kebutuhan dan mana yang keinginan, termasuk pula mengalokasikan anggaran dengan baik dan bijak. Jangan sampai terlalu banyak foya-foya di masa muda sehingga lupa akan hari tua.

Memiliki Dana Darurat

Dana darurat menjadi salah satu fondasi keuangan yang sangat penting lho, civitas akademika. Tanpa fondasi yang kokoh, kondisi keuanganmu bisa ambruk. Maka dari itu, kamu perlu menyiapkan dana darurat untuk kebutuhan yang sifatnya mendesak serta situasi yang tak bisa kamu prediksi. Idealnya, dana darurat yang diperlukan adalah 3-6 kali pengeluaran per bulan. Jika sudah berkeluarga, dana darurat ideal adalah 9-12 kali pengeluaran per bulan.

Menyiapkan Asuransi

Asuransi menjadi hal yang penting untuk melindungi kamu dan keluarga dari musibah tak terduga yang bisa saja “menguras” isi rekeningmu. Mulai dari rusaknya kendaraan, kecelakaan, sakit, hingga kematian. Asuransi ibarat pepatah “sedia payung sebelum hujan”. Jadi, siapkanlah payungmu.

Mulai investasi sejak dini

Tidak harus menunggu tua ataupun menunggu kaya untuk memulai berinvestasi, civitas akademika. Kamu bisa melakukannya mulai hari ini. Investasi sejak dini membuat bunga yang terkumpul jadi besar ketika memasuki masa pensiun nanti. Investasi sangat penting agar nilai tabunganmu tidak tergerus inflasi. Pilihlah instrumen investasi yang cocok dengan kamu.

Kumpulkan Dana Pensiun

Masih banyak orang yang meremehkan betapa pentingnya menyiapkan dana pensiun, padahal menyiapkan dana pensiun itu sangatlah penting. Kamu tentu tak ingin membebani anak cucu di masa tua nanti, kan? Kamu bisa memutus mata rantai sandwich generation ini dapat dilakukan dengan menyiapkan dana pensiun sejak dini.

Itulah cara memutus sandwich generation yang dapat kamu lakukan. Seperti pada cara pertama, kamu harus memiliki pekerjaan ataupun membangun bisnis terlebih dahulu agar dapat berpenghasilan sehingga dapat melakukan langkah berikutnya. Untuk dapat melakukan hal tersebut, perlu memiliki soft skill dan hard skill yang mumpuni dalam menunjang profesi yang ingin kamu gapai ataupun bisnis yang ingin kamu kembangkan. Untuk mengawali hal tersebut, salah satu cara terbaik adalah dengan berpendidikan. Dari sinilah fondasi masa depan akan terbentuk, membangun karaktermu, mengasah kemampuan, serta meningkatkan taraf kehidupan.

Kampus IT, Bisnis, dan Desain Terbaik di Bali dan Nusa Tenggara – INSTIKI

Awali dengan berkuliah di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI adalah sebuah perguruan tinggi terkemuka di Bali yang memiliki empat program studi unggulan, yakni Sistem Komputer, Teknik Informatika, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital yang telah terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. Kembangkan bakat dan skill-mu diawali di INSTIKI, dan raih impianmu selanjutnya!

PENGUMUMAN LAINNYA