5 Keahlian Penting di Dunia Kerja yang Tidak Diajarkan di Sekolah!

5 Keahlian Penting di Dunia Kerja yang Tidak Diajarkan di Sekolah!

Di dalam dunia kerja, kamu tak hanya akan mengandalkan kecerdasan teori atau hard skill saja, namun akan lebih ke praktik serta soft skill yang mengambil peranan penting. Dengan kebutuhan dunia kerja yang semakin berkembang ini, ternyata ada banyak keahlian penting yang jarang sekali diajarkan di banku solah dan perkuliahan.

Lantas, apa saja keahlian penting yang perlu kamu kuasai di dunia kerja? Untuk menjawab pertanyaan ini, simak artikel oleh Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) – kampus komputer terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

Public Speaking yang Mumpuni

Siapa sangka public speaking ternyata memegang peranan penting untuk setiap profesi. Di dunia kerja, karena waktu sangat berharga, dalam berkomunikasi kamu harus bisa menyampaikan informasi pada orang lain dengan efektif dan efisien, baik secara verbal maupun nonverbal. Kemampuan public speaking yang baik sangat penting di posisi apapun kamu bekerja, tidak hanya penting bagi Public Relation dan Sales saja.

Memiliki Mental yang Kuat

Bahasa kerennya adalah resiliensi. Kemampuan ini akan membuatmu bisa mengatasi berbagai macam masalah dan rintangan saat melaksanakan pekerjaan. Selain itu, juga bisa membuatmu tidak mudah menyerah dan mudah bangkit dari kegagalan. Dunia profesional sangatlak kompetitif, maka dari itu kamu harus memiliki mental yang kuat untuk menghadapi tantangan dunia kerja.

Dapat Mengelola Stress

Seberapa besarpun gajimu dan sesukses apapun bisnismu, semua orang pasti pernah merasa stres ketika bekerja. Entah karena beban kerja, atasanmu, klien, hingga masalah di rumah. Di sinilah pentingnya memiliki kemampuan mengelola stres dengan baik. Karena jika tidak, bisa membuatmu kehilangan semangat kerja bahkan hingga burnout.

Dapat Menghadapi Konflik

Kalau dulu di zaman sekolah dan kuliah, ada guru BK atau dosen yang bisa menengahi dan membelamu. Tapi di dunia kerja, kamu harus bisa sendiri untuk mengatasi konflik, ini tidak bisa menghindari.

Mengelola Keuangan

Salah satu tujuan utama dalam bekerja ialah mencari uang. Entah untuk memenuhi kebutuhan hidup hingga gaya hidup. Bekerja jadi salah satu pendorong utama seseorang rela bekerja keras. Nah, agar uang hasil jerih payahmu tidak habis begitu saja, kamu harus bisa mengelola keuangan dengan baik.

Itulah lima keahlian penting yang wajib untuk kamu kuasai di dalam dunia kerja. Menguasai lima hal tersebut tidak semudah yang dipikirkan, maka dari itu kamu harus mempelajarinya sedari muda. Caranya bagaimana?

Dengan berkuliah di kampus teknologi terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, yakni di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), tak hanya dapat menguasai hard skill sesuai program studi yang kamu ambil, baik dalam program studi Sistem Komputer, Teknik Informatika, Desain Komunikasi Visual, maupun Bisnis Digital. Kamu juga akan menguasai soft skill yang akan sangat berguna ketika telah masuk ke dunia kerja nantinya.

Jadi, siapa bilang keahlian-keahlian di atas tidak diajarkan dalam bangku perkuliahan? Di INSTIKI menjawab tantangan tersebut. Semua dipelajari di INSTIKI baik dalam perkuliahan, beragam kegiatan kampus, hingga kegiatan dalam 37 UKM aktif yang ada di INSTIKI. Civitas akademika, sudah siap melangkah maju menggapai impiannmu? Yuk, dimulai dari INSTIKI, professional IT entrepreneur campus!

PENGUMUMAN LAINNYA