Kembangkan 3D Prasasti Baturan Hingga Virtual Tour Bersejarah, INSTIKI Lestarikan Peninggalan Desa & Pura Puseh Batuan Lewat Teknologi

Penyerahan Secara Resmi Website Batuan.id oleh Rektor INSTIKI Kepada Bendesa Adat Batuan

Keberadaan Desa Batuan, Sukawati, Gianyar tidak terlepas dari Prasasti Batuan yang telah ada sejak tahun 1022 Masehi dan Pura Puseh Batuan yang penuh akan sejarah. Sekelumit warisan peninggalan sejarah ini patut untuk dilestarikan agar tidak tergerus oleh zaman.

Ikut serta melestarikan peninggalan sejarah lewat teknologi, inilah yang dilakuan oleh kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) melalui kolaborasi antara Desa Batuan, INSTIKI, dan Universitas Udayana.

Bertepatan dalam Peringatan 1000 Tahun Ditulisnya Prasasti Baturan atau Saharsa Warsa Batuan menjadi hari Launching Website Desa Batuan dan Pura Pura Puseh Batuan (batuan.id), sebuah website yang dikembangkan langsung oleh Tim INSTIKI. Peresmian Website ini dihadiri langsung oleh Wakil Gubernur Bali Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si, Bupati Gianyar I Made Mahayastra, SST. Par., M.A.P, dan I Dewa Made Krishna Muku, S.T., M.T selaku Rektor INSTIKI pada Senin (26/12/2022) bertempat di Panggung Utama Sisi Kelod Pura Puseh Desa Batuan.

Rektor INSTIKI, I Dewa Made Krishna Muku, S.T., M.T Bersama Bupati Gianyar I Made Mahayastra, SST. Par., M.A.P

Tim INSTIKI yang meliputi dosen dan mahasiswa/i mengambil peran dalam mendigitalisasikan peninggalan sejarah Desa Batuan dan Pura Desa Batuan lewat mengembangkan sebuah website yang dikemas secara mutakhir dan menarik. Sementara Universitas Udayana menerjemahkan (alih bahasa) untuk setiap peninggalan prasasti ke dalam Bahasa Indonesia. Kolaborasi ini menghasilkan platform yang bernama batuan.id.

Mulai dari Sejarah Desa, Pustaka Prasasti Baturan dengan visualisasi 3D beserta penjelasan arti dari setiap prasasti (alih bahasa), Berita Terkini seputar Batuan, hingga Virtual 360 Tour dikemas untuk mejelajahi Batuan dengan cara yang praktis tersedia dalam satu platform melalui batuan.id.

Suksesnya digitalisasi peninggalan bersejarah Desa Batuan dan Pura Puseh Batuan ini tak terlepas dari kerja sama tim INSTIKI yang beranggotakan:

Dosen INSTIKI:

1. Ida Bagus Ary Indra Iswara, S.Kom., M.Kom
2. Ida Bagus Gede Sarasvananda, S.Kom., M.Cs
3. I Gusti Ngurah Desnanjaya, S.T., M.T
4. I Nyoman Jayanegara, S,Sn., M.Sn
5. Putu Wirayudi Aditama, S.Kom., M.Kom

Mahasiswa/i INSTIKI:

1. Putu Krisna Antara
2. Ni Putu Diyah Puspita Wulandari
3. Nihayatul Nikma
4. Kadek Mahesya
5. Ida Ayu Agung Weda Harum
6. Pande Ketut Adi Surya Pranata
7. I Komang Agus Ary Guna
8. I Wayan Pawana Aris Putra
9. I Made Krisna Adyaksa
10. Ni Wayan Eka Noviyanti
11. Ni Putu Mita Erlina Putri
12. Ni Kadek Ari Adnyani
13. I Ketut Dady Usnadi
14. Anak Agung Gede Indrastata Pemayun
15. I Made Arya Sukerta Kusuma Dewa
16. Afreza Mahdi
17. I Gede Yogi Widiastika

Launching Website Desa Batuan dan Pura Pura Puseh Batuan (batuan.id)

“Kenapa kita perlu ikut melestarikan dalam bentuk digitalnya, kita ingin historinya tercatat dengan baik dan tak tergerus oleh zaman,” jelas Ida Bagus Ary Indra Iswara, S.Kom., M.Kom, tim pengembang INSTIKI.

Ida Bagus Ary Indra Iswara, S.Kom., M.Kom juga menjelaskan bahwa kedepannya platform batuan.id akan terus dikembangkan baik dalam teknologi virtual reality maupun augmented reality yang tidak hanya dapat diakses melalui website saja, namun kedepan dapat diakses secara lebih praktis dan menarik melalui aplikasi mobile.

PENGUMUMAN LAINNYA