Civitas INSTIKI Borong Gelar Juara Nasional di Innovillage 2022

Civitas INSTIKI Borong Gelar Juara Nasional di Innovillage 2022

Inilah talenta-talenta digital Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang kembali berhasil meraih prestasi gemilang di kancah nasional!

Bertepatan pada Anugerah Innovillage 2022 “Young Heroes in Action”, dua tim civitas akademika INSTIKI berhasil terpilih menjadi Best Digital Economic Solution dan 1st Runner Up Digital Social Solution, Sabtu (17/12/2022) bertempat di Auditorium Gedung Damar Telkom University.

Innovillage 2022 menjadi sebuah program nasional sebagai wujud nyata talenta-talenta digital masa depan se-Indonesia dalam berinovasi dan berkompetisi menciptakan gagasan untuk kebermanfaatan sosial dan peningkatan ekonomi yang berkelanjutan.

Penyerahan Penghargaan Kepada TIM SIKI

Dalam kompetisi ini, TIM SIKI (SIstem Komputer INSTIKI) yang beranggotakan Gede Fajar Pramana, I Gede Dama Aditya, dan I Gede Restu Santika didampingi oleh dosen pendamping, Anak Agung Gde Ekayana, S.Pd., M.Pd berinovasi ciptakan social project yang berjudul “E-Palet: Pemberdayaan Teknologi Iot Untuk Infrastruktur Budidaya Ikan Lele Dalam Upaya Meningkatkan Pertumbuhan Produktivitas Ekonomi”. TIM SIKI berhasil dianugerahi sebagai Best Digital Economic Solution alias Juara 1 kategori Digital Economic Solution dalam Innovillage 2022.

“Bergerak dari bidang keilmuan Sistem Komputer, kami(TIM SIKI) menciptakan inovasi berupa alat yang mampu memanajemen pemberian pakan secara terjadwal dan otomatis untuk budidaya ikan lele yang ada di Kabupaten Klungkung,” jelas Anak Agung Gde Ekayana, S.Pd., M.Pd atau akrab disapa Pak Agung Eka, selaku dosen pendamping.

Tak berhenti di sini saja, Pak Agung Eka juga menyampaikan bahwa dengan dianugerahi prestasi ini menjadi langkah awal TIM SIKI berkontribusi menciptakan kebermanfaatan secara ekonomi maupun sosial.

“Innovillage 2022 sudah memberikan kesempatan yang luar biasa untuk dapat mengaplikasikan keilmuan kami dalam bidang teknologi kepada masyarakat petani ikan lele. Semoga apa yang sudah kami berikan menjadi titik awal kebangkitan infrastruktur bagi petani ikan lele untuk dapat meningkatkan produktivitas ekonomi kerakyatan.”

Penyerahan Penghargaan Kepada Tim KKNT Desa Belega INSTIKI dalam Innovillage 2022

Selain itu, Tim KKNT Desa Belega INSTIKI yang beranggotakan Putu Krisna Antara, Ni Putu Diyah Puspita Wulandari, Nihayatul Nikma, Kadek Mahesya, Ida Ayu Agung Weda Harum, Pande Ketut Adi Surya Pranata, I Komang Agus Ary Guna, I Wayan Pawana Aris Putra, dan I Made Krisna Adyaksa dengan didampingi langsung oleh dosen pendamping Ida Bagus Ary Indra Iswara, S.Kom., M.Kom berinovasi ciptakan “Virtual Reality Tour Dalam Pengenalan Aneka Kerajinan Bamboo di Desa Belega Menggunakan Object Panorama 360°”. Tim KKNT Desa Belega INSTIKI berhasil meraih 1st Runner Up Digital Social Solution dalam Innovillage 2022.

“Tidak hanya sampai di sini, apa yang sudah kita dapatkan di juara kemarin itu harus kita implementasikan kembali ke masyarakat untuk pemberdayaan di Desa Belega, Kecamatan Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali,” tegas dosen pendamping, Ida Bagus Ary Indra Iswara, S.Kom., M.Kom.

Dengan berhasilnya civitas akademika INSTIKI meraih prestasi dalam Innovillage 2022 ini menambah deretan prestasi-prestasi INSTIKI sebagai kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang berhasil ciptakan talenta-talenta digital muda yang kreatif, inovatif, dan berpikir kritis. Selain itu, melalui gagasan inovasi karya civitas INSTIKI dalam Innovillage 2022 diharapkan dapat menciptakan kebermanfaatan sosial dan peningkatan ekonomi yang memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat luas.

Civitas INSTIKI Borong Gelar Juara Nasional di Innovillage 2022

PENGUMUMAN LAINNYA