Mengenal Teknologi 5G Serta Kelebihan dan Kelemahannya!

Mengenal Teknologi 5G Serta Kelebihan dan Kelemahannya!

Perkembangan zaman semakin pesat sehingga teknologi pun ikut berkembang dengan pesat. Salah satu contohnya yaitu telekomunikasi yang semakin memudahkan para penggunanya. Di mana dulu kita hanya mengenal telepon umum dan telepon rumahan saja. Setelah itu kita mengenal adanya bisnis wartel yang memudahkan orang-orang yang membutuhkan komunikasi. 

Semakin berkembangnya zaman muncul yang dinamakan handphone. Dahulu harga handphone sangatlah mahal, namun lambat laun harga handphone bisa dijangkau oleh semua orang. Dahulu handphone hanya bisa digunakan untuk telepon dan mengirim pesan singkat saja, seiring berjalannya waktu muncullah teknologi 3G yang memudahkan semua orang dalam menggunakan kecepatan internet serta adanya fitur video call. 

Semakin berkembangnya zaman teknologi ini juga sangat cepat berkembang, sehingga adanya teknologi 4G dan akhirnya generasi kelima lahirlah teknologi 5G. Sebelum itu, melalui artikel ini kita bahas mengenai teknologi 5G bersama INSTIKI, kampus IT, Desain dan Bisnis terbaik di Bali dan Nusa Tenggara. 

Apa Itu Teknologi 5G?

Teknologi jaringan 5G merupakan teknologi jaringan seluler generasi kelima yang menawarkan kecepatan internet lebih tinggi hingga 20 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. Teknologi jaringan 5G menjanjikan kecepatan yang dapat membuat internet seluler setara dengan Wi-Fi kepada penggunanya. 

Teknologi 5G ditemukan oleh Michael Lemke yang berkebangsaan Jerman dan juga seorang ahli fisika yang bergelar PhD (doktor). Penelitian ini sudah dimulai sejak tahun 2016 silam, tepatnya di Dresden University of Technology, Jerman. Selain itu, beliau juga menduduki posisi penting di salah satu brand seluler ternama yaitu Huawei sebagai ahli teknologi senior. Selama 24 tahun ia sudah menggeluti dunia teknologi komunikasi. 

Kelebihan Teknologi 5G

Jaringan 5G mempunyai kontribusi cukup besar terhadap kemajuan teknologi komunikasi, sehingga ada beberapa kelebihan dari teknologi ini yaitu :

  • Koneksi lebih luas. Meski pun sama-sama mengusung OFDM,teknologi 5G menawarkan kelebihan dibanding LTE yang hanya mempunyai subcarrier spacing mencapai 15 kHz. Teknologi 5G yang mempunyai kapasitas yang besar, hingga 100 kali, sehingga mampu beradaptasi dengan berbagai perangkat. Sehingga, semakin banyaknya perangkat-perangkat berbasis smart yang dapat terhubung dan beradaptasi dengan jaringan 5G.
  • Hampir tidak memiliki delay. Teknologi 5G hampir tidak memiliki delay seperti generasi sebelumnya. Dimana jaringan 5G memiliki waktu delay hanya sekitar 4 hingga 5 milidetik. Bahkan, waktu delaynya bisa sampai 1 milidetik, sehingga memungkinkan pengguna teknologi 5G bisa menonton video beresolusi tinggi tanpa buffering.
  • Hemat energi. Teknologi 5G dilahirkan memang untuk mengurangi konsumsi energi. Dimana kemampuan untuk mengurangi konsumsi energi sebesar 10% dengan cara mengurangi trafik data. Kecepatan transmisi data yang super cepat juga menyumbang kontribusi terbesar dalam menciptakan teknologi yang hemat energi.

Kekurangan Teknologi 5G

Selain memiliki kelebihan, teknologi 5G juga memiliki beberapa kekurangannya yaitu:

  • Frekuensi radio yang penuh. Pastinya jika hadirnya jaringan 5G sebesar 6 GHz akan menimbulkan masalah karena susuan pita frekuensi radio sudah penuh.
  • Privasi dan keamanan. Dengan kemudahannya dan kecepatan dalam mentransfer data berkualitas tinggi, tidak bisa dipungkiri pastinya akan menyebabkan rentannya tingkat keamanan pada teknologi 5G.
  • Daya tembus yang minim. Walaupun teknologi 5G memiliki koneksi yang lebih luas, namun daya tembusnya masih minim. Tidak seperti generasi sebelumnya, jaringan 5G kurang optimal untuk menembus pengahalang seperti gedung, tembok, beton, dan pohon.

PENGUMUMAN LAINNYA