Tips Jadi Mahasiswa Aktif di Kelas!

Tips Jadi Mahasiswa Aktif di Kelas!

Civitas INSTIKI, siapa nih yang pengen aktif di kelas tetapi terhalang rasa minder? Terkadang, sebagian mahasiswa pastinya sering merasa minder atau merasa takut saat ingin mengajukan pertanyaan atau berpendapat di sela-sela kelas berlangsung ataupun saat sesi diskusi.

Seperti kata pepatah, keberhasilan ialah hasil dari kesalahan yang telah diperbaiki. Jika kamu tidak pernah mencoba, maka sampai kapan kamu nggak berani unjuk diri untuk aktif di kelas?

Ada banyak benefit yang akan kamu dapatkan apabila semakin aktif di dalam kelas, seperti mengasah kemampuan akademis, mengasah kemampuan sosial, hingga mendapatkan nilai tambahan dari dosenmu.

Bersama INSTIKI, kampus teknologi terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, yuk kita bahas tips and tricks untuk menjadi mahasiswa aktif di kelas!

Banyak Membaca dan Kuasai Materi

Selain mendapatkan materi mata kuliah dari dosen, kamu bisa memperbanyak literasi dari berbagai sumber untuk kamu pelajari. Dengan begitu kamu akan bisa lebih paham akan materi yang ada pada mata kuliah tersebut. Setelah itu, kamu bisa bertanya atau berdiskusi dengan dosen dan temanmu.

Tulis Pertanyaan atau Pendapat yang Ingin Disampaikan di Akhir 

Jika dosen atau temanmu sudah selesai membahas materi ataupun presentasi, tulislah beberapa pertanyaan atau pendapat yang ingin kamu sampaikan di akhir penyampaian materi. Hal ini akan mendukung supaya kamu lancar berbicara dan lebih berhati-hati dalam berpendapat. Selain itu, kamu juga bisa terlebih dahulu mendiskusikan pertanyaan atau pendapat kamu bersama temen kamu. 

Percayalah Pada Diri Sendiri 

Hal yang paling penting yaitu percaya diri. Jika kamu percaya diri maka kamu akan berani dan tidak takut untuk salah berpendapat lho. Contohnya seperti saat kamu presentasi bersama kelompokmu, kamu harus menguasai materi dan berani menjawab pertanyaan dari teman atau dosenmu. 

Dengarkan Baik-Baik saat Dosen atau Temanmu Berbicara

Terkadang sebagian mahasiswa pastinya tidak mendengarkan apa yang sedang dibicarakan dosen atau temannya. Nah, mulai sekarang cobalah untuk mendengerkan dosen atau temanmu saat menjelaskan materi atau presentasi ya. Jangan terlalu sibuk mengobrol yang tidak jelas dan bermain ponsel. Jika kamu bisa mendengarkan dengan baik, dengan begitu pastinya akan terlintas pertanyaan di otakmu untuk ditanyakan saat materi sudah selesai dijelaskan. 

Nah, itulah empat tips menjadi mahasiswa aktif di kelas. Jika kamu ingin menjadi mahasiswa aktif, cobalah untuk mengikuti tips-tips di atas ya. Jangan pernah takut membuat kesalahaan saat menuangkan pendapatmu.

PENGUMUMAN LAINNYA