Apa itu ChatGPT? Bahas Tuntas Kecerdasan Buatan yang Lagi Viral!

Apa itu ChatGPT? Bahas Tuntas Kecerdasan Buatan yang Lagi Viral!

Sedang viral kecerdasan buatan alias AI/Artificial Intelligence yang tengah ramai diperbincangkan. Sebenarnya apa itu ChatGPT? Yuk kita bahas bersama kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, yaitu Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI)!

Apa itu ChatGPT?

Platform yang dirilis oleh OpenAI, ChatGPT merupakan sebuah perangkat lunak berupa bahasa generatif yang menggunakan teknologi untuk memprediksi kalimat atau kata berikutnya dalam suatu percakapan atau perintah sebuah teks. Sederhananya, ChatGPT adalah chatbot, sebuah program komputer yang berupa robot virtual yang dapat mensimulasikan percakapan seperti manusia.

Meski masih berupa prototipe, namun chatbot AI berbasis dialog ini dianggap mampu menanggapi bahasa alami manusia dan meresponnya secara otomotis. Bahkan, platform ini dianggap dapat menggantikan Google karena bisa menjawab masalah apa saja, loh!

ChatGPT dari OpenAI ini dapat menjawab berbagai pertanyaan yang sulit dengan jawaban yang komprehensif. Maka dari itu ChatGPT mempunyai kecerdasan yang luar biasa dibandingkan dengan chatbot yang lainnya.

Apa itu OpenAI?

OpenAI sendiri adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan kecerdasan buatan, produknya yang terkenal ialah DALL-E dan GPT. DALL-E adalah AI yang bisa menghasilkan gambar atau lukisan dari sepotong kalimat, sementara untuk GPT adalah AI dalam pembuatan teks.

GPT memungkinkan AI untuk membuat teks mulai dari puisi, artikel, tutorial, hingga caption media sosial. Selain itu kecerdasan AI ini juga bisa membuat suatu pengetahuan umum dari sepotong pernyataan atau prompt.

Bagaimana Cara Menggunakan ChatGPT?

Cara memakai ChatGPT sangat mudah, kamu tinggal mengetik teks yang kamu inginkan, lalu secara otomatis akan muncul informasi yang kamu butuhkan. Sebelum dapat menggunakan ChatGPT, perlu diketahui bahwa kamu harus memiliki akun. Jadi apabila kamu belum memiliki akun, maka harus mendaftar terlebih dahulu. Cara mendaftarnya yaitu sebagai berikut:

  1. Masuk ke halaman openai.com/blog/chatgpt/
  2. Login dengan mudah melalui akun Google atau Microsoft.
  3. Masukkan nomor telepon. Namun perlu diingat, kamu tidak dapat menggunakan nomor telepon virtual (VoIP) untuk mendaftar OpenAI.
  4. Nantinya kamu akan menerima nomor konfirmasi, lalu masukan nomor tersebut ke halaman pendaftaran.
  5. Setelah memiliki akunnya, kamu bisa langsung login.

Nah, itulah informasi mengenai ChatGPT yang dikembangkan oleh OpenAI.

Ingin Mengembangkan Teknologi Seperti ChatGPT?

Untuk mengawali karir di bidang ini, mengembangkan berbagai teknologi mutakhir seperti ChatGPT dapat diawali dengan mengambil jurusan Teknik Informatika Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). INSTIKI memiliki program studi S1 Teknik Informatika yang belajar seluk-beluk coding. Program Studi Teknik Informatika merupakan program studi yang mempelajari tentang ilmu komputer, teknologi perangkat lunak dan aplikasinya di dunia industri. Pada program studi Teknik Informatika nggak hanya mempelajari berupa konsep dan teori, namun juga menerapkan praktik langsung. Status program studi Teknik Informatika INSTIKI sudah terakreditasi B dalam surat keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) mengeluarkan surat keputusan No. 3267/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/V/2021. Yuk kuliah di Bali di INSTIKI, professional IT entrepreneur campus!

PENGUMUMAN LAINNYA