5 Tips Presentasi Biar Makin Menarik dan Efektif

5 Tips Presentasi Biar Makin Menarik dan Efektif

Meski sering dihadapkan dengan presentasi pada mata kuliah tertentu, pastinya sebagian mahasiswa masih sering merasa grogi dan takut ketika akan presentasi di hadapan banyak orang. apa kamu salah satunya, civitas INSTIKI?

Meskipun begitu, tentunya semua orang membutuhkan latihan untuk berbicara di depan umum. Jadi, kunci dari presentasi yang menarik dan efektif adalah adanya latihan dan persiapan yang matang dan teknik presentasi yang baik. 

Agar presentasi kamu menarik dan efektif di depan kelas, yuk simak tips dari Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) – kampus IT, desain, dan bisnis terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

Tanamkan Rasa Percaya Diri 

Tips yang paling utama yaitu percaya diri. Jangan takut untuk membuat kesalahan saat presentasi ya, jika kamu takut justru akan membuat mu lebih gugup. Pastikan juga kamu nyaman dengan pakaian yang kamu kenakan, posisi presentasi, tempat, dan topik presentasi yang kamu bawakan. 

Kuasai dan Pahami Materi 

Lakukanlah riset mendalam tentang materi yang ingin kamu sampaikan. Sehingga jika kamu sudah menguasi dan memahami materi, kamu dapat membawakan topik presentasi dengan maksimal.

Sampaikan Materi dengan Jelas dan Lugas

Beberapa audiens pastinya akan cepat bosan saat mendengar presentasi yang disampaikan oleh presentator. Sehingga, kamu harus menyampaikan poin-poin utama presentasi dengan jelas dan lugas, jangan terlalu bertele-tele, supaya audiens tidak merasa bosan. 

Bangun Antusiasme 

Kamu harus bisa membangun antusiasme dengan audiensmu ya, caranya dengan melibatkan audiens dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mudah dijawab oleh audiens. Selain itu, kamu juga bisa menyelipkan sedikit humor untuk memecahkan suasana yang hening dan kaku. 

Terus Berlatih Sebelum Presentasi 

Tidak semua orang memiliki bakat alami untuk berbicara di depan umum. Jadi, kamu harus sering berlatih presentasi, entah dengan berlatih di depan cermin atau membuat catatan saat akan melakukan presentasi.

Itulah lima tips agar presentasi kamu menjadi lebih menarik dan efektif. Yuk, terus berlatih dan jangan takut untuk melakukan kesalahan di depan umum. Jangan biarkan rasa takut ini menghalangimu menjadi presentator profesional.

PENGUMUMAN LAINNYA