Mengenal Mendeley, Aplikasi yang Wajib Diketahui Mahasiswa!

Mengenal Mendeley, Aplikasi yang Wajib Diketahui Mahasiswa!

Siapa nih yang belum pernah menggunakan Mendeley? Atau mungkin pernah mendengarkan aplikasi Mendeley? Nah, ini saat yang tepat untuk kamu membaca artikel ini. 

Civitas INSTIKI, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan Mendeley, beberapa dosen pasti menyarankan kamu untuk menggunakan Mendeley dalam penulisan artikel ilmiah, jurnal, ataupun skripsi kamu. 

Mendeley merupakan salah satu aplikasi wajib untuk mahasiswa, khususnya untuk mahasiswa yang sedang menulis artikel ilmiah, jurnal, ataupun skripsi dan tesis. Jadi, Mendeley adalah aplikasi yang membantu kamu dalam penyisipan, penulisan, dan pemformatan sitase atau citation. Dengan menggunakan Mendeley kamu akan dimudahkan saat membuat sitase dan daftar pustaka lho, kamu tidak usah lagi membuat secara manual yang ribet dan sulit. 

Kamu bisa mendapatkan Mendeley saat ini yang tersedia dalam 2 versi, yaitu Desktop Edition dan Institutional Edition. Mendeley Desktop Edition adalah perangkat lunak “citation & reference manager” yang bisa didapatkan secara gratis dan sangat kompatibel dengan program pengolahan kata MS Word (2003, 200, 2010), Mac Word (2008, 2011), Open Office/Libre Office (3.2), dan Bib Tex. 

Lantas bagaimana cara kerja Mendeley? Nah, Mendeley akan bekerja secara otomatis membuat kutipan referensi/daftar pustaka apabila kamu sudah membuat libarary atau perpustakaan di Mendeley. Perpustakaan inilah yang akan membantu kamu dalam membuat catatan kaki/bodynote secara otomatis. 

Terus apa saja sih fitur di Mendeley? Ada beberapa fitur yang menjadi andalan Mendeley yaitu : 

  • Dapat berjalan pada MS Windows, Mac, dan Linux.
  • Menampilkan metadata dari sebuah file PDF secera otomatis.
  • Backup dan sinkronisasi data dari beberapa komputer dengan akun online.
  • Smart filtering dan tagging.
  • PDF viewers dengan kemampuan anotasi dan highlighting.
  • Impor dokumen dan makalah penelitian dari situs-situs eksternal seperti Google Scholar, Google Book, PubMed, dll).
  • Integrasi dengan berbagai perangkat lunak pengolah kata seperti MS Word, Open Office, dan Libre Office. 
  • Fitur jejaring sosial. 
  • iPhone daN iPad app.
  • Free web storage sebesar 2 GB yang dapat dimanfaatkan sebagai online backup. 

Nah, selain memiliki fitur andalannya, Mendeley juga memiliki kelebihan dan kelemahan diantaranya yaitu: 

Kelebihan: 

  • Mendeley sangat bermanfaat bagi mahasiswa dalam membuat sitasi atau pun penulisan daftar pustaka dalam karya ilmiahnya seperti, makalah, jurnal, dan skripsi. 
  • Setiap penulisan di Mendeley dapat mengidentifikasikan kualitas dan keaslian setiap referensi yang digunakan. 
  • Di Mendeley, penulis daoat mengolah dokumen referensi yang dimiliki, membuat pengelompokan berdasarkan topik/katagori tertentu, dan juga dapat me-retrieve metadata yang terdapat di dalam dokumen sehingga mahasiswa mampu menghindari plagiarisme. 

Kelemahan: 

  • Untuk kelemahan Mendeley hanya bisa mengimport file untuk koleksi digital dengan format PDF dan doc, semua file yang diunggah ke Mendeley akan terunggah ke website Mendeley. 
  • Untuk restore hanya berlaku untuk satu komputer yang sama dalam satu instalasi yang sama, nah jika berbeda komputer atau new installation OS maka Mendeley akan menolak dan meminta untuk login ke website untuk melakukan sinkronisasi. 

Untuk informasi yang lebih lengkap tentang Mendeley ataupun untuk mengunduh Mendeley, dapat mengakses mendeley.com

Nah, bagaimana apakah kamu sudah ada bayangan tentang Mendeley? Jadi, dengan kamu menggunakan Mendeley kamu tidak usah lagi membuat sitasi atau daftar pustaka dengan cara manual yang ribet dan sulit ya! Cukup hidup kamu aja ribet dan sulit! Untuk urusan membuat sitasi dan daftar pustaka kamu cukup menggunakan Mendeley yang jauh lebih mudah dan otomatis. Semangat untuk kamu yang sedang menyusun Seminar ataupun TA!

PENGUMUMAN LAINNYA