Tips Study Life Balance untuk Mahasiswa yang Wajib Diterapkan!

Tips Study Life Balance untuk Mahasiswa yang Wajib Diterapkan!

Hi civitas INSTIKI, apakah kamu pernah merasa jenuh atau burn out dengan studimu? Mungkin diantara kita semua pernah merasakan burn out di tengah studi yang kita jalani. Nah, hal ini sebenarnya wajar lho, karena dalam kehidupan kita harus bisa memelihara hidup seimbang untuk menjaga kesehatan mental dan fisik kamu. 

Berikut tips study life balance yang wajib kamu terapkan! Yuk kita simak bersama INSTIKI – kampus IT, desain, dan bisnis swasta terbaik di Bali dan Nusa Tenggara. 

Mengatur Waktu dengan Baik 

Cermatlah dalam mengatur waktu. Bagilah waktumu antara studi, istirahat, dan kegiatan lainnya. Mengatur waktu bisa dilakukan dengan membuat to-do-list harian berdasarkan prioritas atau mendahulukan pekerjaan yang mudah dilakukan. Usahakan untuk fokus menyelesaikan satu pekerjaan dahulu tanpa melakukan multitasking.

Menentukan Prioritas

Study life balance perlu dilakukan untuk menjaga kesehatansecara fisik maupun mental mahasiswa, serta tetap produktif dalam kegiatan sehari-hari. Produktivitas sehari-hari dapat tercapai dengan menentukan mana yang harus diprioritaskan dan yang mana sebaliknya.

Memberikan Apresiasi Bagi Diri Sendiri 

Jangan lupa untuk mengapresiasi diri sendiri dengan hal-hal yang kamu sukai. Hal ini sangat penting untuk dapat menunjukkan rasa terima kasih dan rasa sayang kepada diri sendiri karena sudah melakukan hal terbaik. Kamu bisa melakukan self reward dengan traveling, membeli makanan kesukaanmu ataupun yang lainnya.

Lakukan Kegiatan Lain 

Agar kamu tidak merasa jenuh dalam menjalani studi dan bersama keluarga. Kamu harus melakukan kegiatan lain yang dapat memberikan kamu energi positif. Kegiatan yang bisa kamu ambil seperti bersosialisasi, mengikuti organisasi, dan mengikuti kelas workshop untuk meningkatkan skill. Kegiatan ini kamu bisa lakukan disela-sela waktu, saat tidak adanya kegiatan studi atau aktivitas bersama keluarga yang mendesak dan penting ya. 

Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Untuk dapat seimbang, tidak hanya tentang interaksi sosial saja, namun juga bagaimana kita bisa berkomunikasi dengan diri sendiri secara interpersonal. Para milenial dan generasi Z pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah me time. Sesuai namanya, me time adalah istilah ketika seseorang meluangkan waktu dan ruang untuk diri sendiri agar bisa tenang, terutama saat merasa terlalu stres dan lelah menjalani kehidupan sehari-hari.

Ketika menjalani kehidupan yang berjalan seimbang, kamu akan bisa menjalani kehidupan dengan penuh semangat dan percaya diri. Jadi, kamu juga dapat menjaga kesehatan fisik dan mentalmu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu yang mulai menerapkan studi life balance.

PENGUMUMAN LAINNYA