Ikoniknya Monumen G20 di Bali, Seperti Apa?

Monumen G20 (Foto oleh Victorstories)

Bali telah diakui dunia sebagai destinasi wisata bertaraf internasional. Pulau seribu pura ini menyimpan ragam destinasi wisata yang lengkap mulai dari budaya, keindahan alam, sampai keramahan penduduknya ada di sini. Dengan berbagai keunikan Bali, menjadikannya sangat istimewa sehingga berhasil menyambet gelar The World’s Best Destination.

Jika berbicara mengenai “pariwisata”, Bali memang tak terkalahkan nih, civitas INSTIKI. Bagaimana tidak, pariwisata yang unggul tentu didukung oleh fasilitas sampai tingkat keamanan yang dapat diacungi jempol. Inilah yang juga membuat Bali dipercaya sebagai lokasi penyelenggarakan berbagai gelaran bertaraf internasional, seperti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 yang berlangsung pada 15-16 November 2022.

Perhelatan Internasional G20

Mengupas lebih dalam perhelatan internasional ini, G20 atau Group of Twenty adalah sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia, yang terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa.  G20 merupakan representasi lebih dari 60% populasi bumi, 75% perdagangan global, dan 80% PDB dunia. Anggota G20 terdiri dari Afrika Selatan, Amerika Serikat, Arab Saudi, Argentina, Australia, Brasil, India, Indonesia, Inggris, Italia, Jepang, Jerman, Kanada, Meksiko, Republik Korea, Rusia, Perancis, Tiongkok, Turki, dan Uni Eropa (Dikutip dari situs Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia).

Ikoniknya Monumen G20 di Bali

Monumen G20 yang megah dan eye catching telah dibangun di Bali. Untuk menyambut para delegasi dan pemimpin dunia dari berbagai negara, dibangunlah sebuah monumen yang berkonsepkan pusaran kehidupan filosofi Hindu dan menjadi landmark ikonik untuk mendukung Presidensi Indonesia pada KTT G20. Sebuah karya dari arsitek asal Bali, Nyoman Popo Priyatna Danes.

Monumen G20 Bermaknakan Filosofi Mendalam

Popo Danes adalah desainer Monumen G20 Bali. Dilansir dari Detik.com, inilah bagian-bagian dari Monumen G20 dengan filosofinya yang mendalam.

  • 20 bilah berwarna perak yang seolah-olah bergerak ke kanan: menggambarkan 20 negara yang memiliki kekuatan dan bergerak bersama-sama ke arah positif.
  • Kelopak bunga warna merah di tengah-tengah monumen: logo G20 Indonesia.
  • Sabuk berwarna hitam di bawah kelopak merah bertuliskan angka 20: menandakan jumlah negara anggota G20.
  • Nama ‘Indonesia’ pada tulisan negara anggota G20 berada di arah kaja-kangin atau timur laut. Menurut kepercayaan Hindu di Bali, timur laut merupakan arah yang suci karena mengarah ke Gunung Agung.
  • 5 buah anak tangga: adanya filosofi Pancasila pada pertemuan G20 di Indonesia.

Demikianlah indahnya Monumen G20 beserta makna filosofi yang dimilikinya. Selain Monumen G20 Bali, unsur penting lainnya dalam KTT G20 2022 Bali adalah tema pelaksanaannya. Tema KTT G20 tahun 2022 adalah “Recover Together, Recover Stronger”. Lewat tema tersebut, Indonesia ingin mengajak seluruh dunia agar bahu-membahu dan saling mendukung untuk pulih bersama, khususnya dalam bidang perekonomian, serta tumbuh dengan lebih kuat dan berkelanjutan.

Bali tak hanya menjadi destinasi wisata bertaraf internasional ataupun dipercaya jadi penyelenggara berbagai gelaran internasional, Bali pun menjadi salah satu daerah terbaik yang menyelenggarakan sistem pendidikan berkualitas dan bertaraf internasional lho!

Salah satu perguruan tinggi terbaik untuk mengenyam pendidikan masa depan dengan fasilitas teknologi mutakhirnya adalah Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI). Terletak di pusat Kota Denpasar, Provinsi Bali, INSTIKI adalah kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang telah terakreditasi nasional dan tersertifikasi internasional. INSTIKI memiliki 4 program studi unggulan yakni Teknik Informatika, Sistem Komputer, Desain Komunikasi Visual, dan Bisnis Digital.

Mengenyam pendidikan S1 terbaik nggak harus membayar dengan harga yang mahal karena di INSTIKI kamu bisa mendapatkan kualitas pendidikan yang unggul dengan biaya yang terjangkau dan tersedia pula beasiswa. Dapatkan informasi lebih lengkap tentang INSTIKI dan jurusan INSTIKI dengan mengakses https://instiki.ac.id/apply-now/

PENGUMUMAN LAINNYA

Telusuri Artikel Lainnya