Kreatif Ciptakan Solusi Digital, 3 Inovasi Civitas INSTIKI Raih Pendanaan Nyatakan.id

Kreatif Ciptakan Solusi Digital, 3 Inovasi Civitas INSTIKI Raih Pendanaan Nyatakan.id

Siapa sangka civitas akademika INSTIKI berhasil berinovasi menciptakan solusi mutakhir? Inilah tiga tim civitas Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang berhasil meraih pendanaan Nyatakan.id sekaligus mewujudkan solusi kreatif dalam rangka adaptasi kebiasaan baru, pemulihan ekonomi, dan penciptaan lapangan kerja baru di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif.

Nyatakan.id adalah program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indoneasia untuk mewujudkan ide solusi digital berupa aplikasi dan permainan digital demi memajukan ekonomi dan pariwisata Indonesia yang diikuti mulai dari perorangan, komunitas, start up, sampai perguruan tinggi se-Indonesia.

Tiga tim dari civitas INSTIKI – kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara, berhasil lolos meraih pendanaan dari Nyatakan.id. Ialah Dosen INSTIKI, Putu Wirayudi Aditama, S.Kom., M.Kom bersama tim berhasil berinovasi dalam solusi digital “Aplikasi Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (APASIBI)”. I Made Marthana Yusa, M.Ds bersama tim mengusung karya “Perancangan Tap Game Satria Indonesia”, serta I Gede Totok Suryawan, S.Kom., M.T bersama tim dengan inovasinya yang berjudul “Gringsing 4D”.

“Kami membuat aplikasi Augmented Reality (AR) untuk memperkenalkan kain Tenun Gringsing, namanya Gringsing 4G,” jelas I Gede Totok Suryawan, S.Kom., M.T.

Sebagai salah satu penerima pendanan dari Kemenparekraf, Ia menyampaikan rasa bahagianya dapat menjadi salah satu penerima program Nyatakan.id yang dipercaya ikut serta memajukan Indonesia lewat inovasi kreatifnya.

“Yang pasti sangat senang. Pertama tujuan awalnya itu untuk memperkenalkan kain Tenun Gringsing yang merupakan warisan budaya tak benda yang dimiliki oleh Bali yang terdaftar di Kementerian Kebudayaan. Nah, tujuan utamanya adalah semua orang yang tidak tahu bahwa ada kain yang memiliki nilai filosofi, nilai historis, bahkan kain Tenun Gringsing itu merupakan satu-satunya kain Tenun yang memiliki teknik Ikat Ganda. Sehingga melalui teknologi AR ini orang akan tidak mesti datang ke Tenganan tetapi mereka bisa mengenali jenis-jenis dan model kain Tenun Gringsing melalui inovasi yang kami ciptakan ini,” lanjutnya.

Dengan lolosnya civitas INSTIKI dalam program Nyatakan.id ini menambah deretan prestasi-prestasi INSTIKI sebagai kampus teknologi terbaik di Bali dan Nusa Tenggara yang berhasil ciptakan talenta-talenta digital muda yang kreatif, inovatif, dan berpikir kritis. Tak hanya itu, melalui gagasan inovasi karya civitas INSTIKI dalam program Nyatakan.id tentunya diharapkan dapat menciptakan kebermanfaatan sosial dan peningkatan ekonomi yang memberikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat luas.

PENGUMUMAN LAINNYA