5 Tips Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi

5 Tips Membagi Waktu Antara Kuliah dan Organisasi

Hi civitas INSTIKI – kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara! Siapa nih diantara kamu yang masih bingung dalam membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi? Pasti kamu sering merasa kebingungan dalam hal ini, apalagi jika saat waktu bersamaan diadakannya kelas dan rapat organisasi. Nah, sekarang kamu tidak perlu bingung lagi deh, cobalah untuk membuat prioritas anatara keduanya agar bisa kamu jalani dengan sempurna. 

Jika kamu bisa membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi dijamin kamu pasti menjadi mahasiswa yang berkualitas. Sebaliknya, tanpa kamu bisa membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi, bisa dipastikan jam kuliah kamu akan sedikit terganggu, dan kemungkinan kamu akan kelabakan dalam menghadapi keduanya. 

Nah, terus apa saja yang bisa kamu lakukan untuk membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi? Yuk simak beberapa ulasan mengenai 5 tips membagi waktu antara kuliah dan organisasi. 

Membuat Jadwal 

Untuk kamu yang aktif ikut berorganisasi dan kuliah, kamu harus membuat jadwal terlebih dahulu sebelum kamu membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi. Hal ini penting dilakukan untuk membuat dan merinci kegiatan yang dilakukan selama berkuliah. Kamu bisa menyusun jadwal kegiatanmu di buku agenda, sticky note, maupun di kalender. 

Membuat To-Do-List 

Bagi kamu yang selalu kebingungan dalam membagi waktu untuk mengerjakan tugas kuliah maupun tugas berorganisasi. Kamu perlu membuat to-do-list, ini penting untuk dilakukan untuk mengingatkanmu apa saja yang bisa dikerjakan terlebih dahulu. Jadi, jika kamu sudah membuat to-do-list maka dipastikan jadwal kamu akan lebih teratur dan dapat terselesaikan dengan baik satu per satu, baik itu tugas kuliah maupun tugas organisasi. 

Menentukan Skala Prioritas Kamu 

Cara membagi waktu yang paling penting yaitu kamu harus menentukan prioritas yang harus diutamakan terlebih dahulu. Kamu bisa menunda terlebih dahulu kegiatan yang tidak penting dan tidak mendesak. Sebaliknya, kamu harus memprioritaskan kegiatan yang penting dan mendesak. Nah, ingat kamu harus memprioritaskan kuliah mu dulu daripada kegiatan organisasi. Karena tujuan kamu kuliah untuk mendapatkan ilmu. 

Kerjakan di Awal 

Bagi kamu yang suka menunda-nunda pekerjaan, mulai sekarang kamu harus menghindari menunda-nunda pekerjaan ya. Karena jika kamu terus menunda-nunda pekerjaan maka, tugas-tugas kuliah maupun organisasi akan menumpuk. Sebaiknya kamu langsung mengerjakan setiap pekerjaan sesaat setelah mendapatkannya. Misalnya, kamu langsung mengerjakan tugas kuliah yang diberikan oleh dosen atau pun langsusng mengerjakan tugas organisasi setelah rapat atau pertemuan berakhir. 

Displin 

Mulai sekarang kamu harus patuhi jadwal dan to-do-list yang sudah kamu buat. Jika kamu terbiasa untuk menjadi displin maka kamu juga akan bisa terbiasa untuk membagi waktu antara kuliah dan berorganisasi. 

Kuliah dan berorganisasi jika dilakukan dalam waktu bersamaan memang terlihat sangat melelahkan. Tapi, jika kamu bisa mengatur waktu mu untuk kedua kegiatan ini maka, tidak akan begitu merasakan kelelahan. Selain, fasilitas kampus yang lengkap dan memadai, kamu juga bisa mengikuti 35 unit UKM sesuai minat dan bakat kamu yang sudah tergabung dalam suatu organisasi kemahasiswaan di kampus INSTIKI, kampus swasta terbaik di Bali.

PENGUMUMAN LAINNYA