Wujudkan Modernisasi Koperasi & UMKM, Dinas Koperasi UMKM Kota Denpasar Jalin Kerja Sama Bersama INSTIKI!

Wujudkan Modernisasi Koperasi & UMKM, Dinas Koperasi UMKM Kota Denpasar Jalin Kerja Sama Bersama INSTIKI!

Dalam upaya percepatan transformasi digitalisasi dan modernisasi pada Koperasi dan UMKM di Kota Denpasar, Dinas Koperasi UMKM Kota Denpasar jalin kerja sama dengan Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) – kampus IT terbaik pada Selasa (01/11/2022) bertempat di Ruangan Sewaka Dharma Mahottama Gedung Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar.

Acara ini dihadiri dan ditandatangani langsung oleh Kepala Dinas Koperasi UMKM Kota Denpasar, Dr. I Dewa Made Agung, S.E., M.Si bersama dengan I Dewa Made Krishna Muku, S.T., M.T selaku Rektor INSTIKI.

Wujudkan Modernisasi Koperasi & UMKM, Dinas Koperasi UMKM Kota Denpasar Jalin Kerja Sama Bersama INSTIKI!

Koor. Prodi Teknik Informatika INSTIKI, Komang Kurniawan Widiartha, S.Kom., M.Cs menyampaikan bahwa atas terjalinnya kerja sama ini bertujuan untuk mendukung terwujudnya modernisasi pada Koperasi dan UMKM di Kota Denpasar. INSTIKI selaku perguruan tinggi bidang teknologi dapat mendukung program pembangunan SDM yang berkualitas, berperan dalam pembangunan ekonomi yang kompetitif secara global dengan menghasilkan lulusan yang berkemampuan dan produktif serta mewujudkan, mengaplikasikan, dan menyebarkan gagasan dan penemuan yang solutif untuk mendukung sektor industri khususnya dalam koperasi dan UMKM.

“Tentu bentuk kerja sama yang terjalin antara INSTIKI sebagai kampus IT di Bali bersama Dinas Koperasi UMKM Kota Denpasar dapat dijalin dalam berbagai bentuk, diantaranya keterlibatan pelaku Dinas Koperasi UMKM, pelaku UMKM sebagai pelaku dunia usaha dalam berkontribusi terhadap pembelajaran di perguruan tinggi yang relevan dengan kebutuhan di lapangan. Bentuk kerja sama ini seperti mendatangkan ahli dari DUDI sebagai praktisi mengajar yang memberikan keilmuan bagi perguruan tinggi. Sebaliknya, INSTIKI dapat menyediakan SDM untuk dapat disalurkan untuk memenuhi kebutuhan SDM pada perusahaan atau industri tersebut melalui program skema Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Magang, penyaluran lulusan, pelatihan dari praktisi dosen yang merupakan bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,” jelasnya.

Dalam waktu dekat, Program Studi Teknik Informatika INSTIKI bersama Dinas Koperasi UMKM Kota Denpasar akan menyelenggarakan Seminar tentang “Digitalisasi Koperasi” sebagai tindak lanjut atas terjalinnya kolaborasi antara kedua belah pihak demi mewujudkan transformasi digitalisasi pada Koperasi dan UMKM.

“Pesan dan kesan yang dapat saya sampaikan adalah INSTIKI sebagai perguruan tinggi yang memiliki SDM berkualitas dengan menghasilkan para akademisi harapannya dapat berkontribusi terhadap pembangunan secara berkelanjutan dan memiliki andil untuk berkontribusi dalam penanganan masalah yang terjadi di tengah masyarakat,” lanjut Komang Kurniawan Widiartha, S.Kom., M.Cs.

PENGUMUMAN LAINNYA