Ini 5 Tips Makan Hemat Ala Anak Kost, Anti Kantong Kering!

Ini 5 Tips Makan Hemat Ala Anak Kost, Anti Kantong Kering!

Menjadi seorang anak kost merupakan sebuah tantangan yang baru bagi kamu yang memiliki rumah jauh dari tempat kuliah maupun tempat kerja. Tapi jika kamu salah satu anak kost pastinya kamu harus bisa berhemat ya.
Apalagi jika kamu seorang mahasiswa yang masih menghandalkan uang kiriman dari orangtua. Pasti kamu akan berusaha menghemat demi kelancaran hidup selama satu bulan.

Yuk kita bahas tips hemat ala anak kost bersama INSTIKI – kampus IT dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara.

Berbelanja dengan Cermat

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan yaitu berbelanja dengan cermat. Hal ini sangat penting dilakukan karena jika kamu bisa melakukan perencanaan secara cermat, maka kamu dapat berbelanja sesuai dengan kebutuhanmu.

Agar kamu lebih hemat, cobalah berbelanja kebutuhan sekaligus untuk satu bulan. Hindari terlalu sering berbelanja ke minimarket yang bisa membuat pengeluaran terlalu boros, lho.

Cintai Air Putih

Selain memberikan manfaat bagi Kesehatan, air putih juga berperan untuk menghemat ala anak kost lho. harga air putih lebih terjangkau daripada membeli minuman yang lainnya. Jadi, saat kamu berbelanja ke kantin atau warteg, sebaiknya kamu membeli air putih saja.

Jika perlu kamu bisa membawa botol minuman yang sudah diisi air. Selain menghemat, kamu juga bisa mengurangi sampah botol plastik lho.

Mulai Masak Menu Sederhana

Mulai memasak menu sederhana aja dengan bahan-bahan yang mudah didapatkan, tidak usah masak yang sulit-sulit dulu deh. Kamu bisa mencari referesensi masakan sederhana dan tidak banyak menggunakan peralatan dapur.

Jika kamu memasak, kamu bisa memasak untuk dimakan 2 sampai 3 kali sehari lho. Biaya yang dikeluarkan juga cukup terjangkau ketimbang kamu beli makanan di luar.

Pesan Makan Sesuai Porsi

Usahakan kamu memilih tempat makan yang menawarkan harga murah untuk anak kost ya. Pesanlah makanan sesuai porsi ya, jangan terlalu tergiur dengan harga murah tapi memesan banyak makanan sehingga menyisakan banyak makanan saja.

Olah Kembali Sisa Makanan

Sering kali, kita menghindari memakan makanan sisa semalam, padahal belum basi. Tapi coba lah mulai sekarang untuk mengolah makanan sisa semalam menjadi makanan yang beda seperti nasi semalam bisa diolah menjadi nasi goreng.

Namun, kamu harus tetap jaga kualitas sisa makanan tersebut ya, agar tidak dapat memicu sebuah penyakit. Jika kamu bisa mengolahnya maka, kamu bisa menekan pengeluaran lho. Selain menghemat keuangan, mengolah sisa makanan secara tidak langsung dapat mengurangi dampak food waste.

Food waste terjadi karena makanan yang masih layak dikonsumsi dibuang atau tidak dihabiskan oleh konsumennya. Makanan yang dibuang sebelum masa kadaluarsanya. Makanan yang dibuang akan menumpuk menjadi sampah dan tak jarang bisa mengakibatkan bencana alam seperti banjir, longsor, dan hal-hal negative yang berimbas pada bumi kita.

Jadi, demikianlah ulasan mengenai tips makan hemat ala anak kost, anti kantong kering. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu wahai anak kost yang masih menunggu kiriman dari orangtua. Kamu juga bisa mencoba kuliner dengan harga terjangkau untuk anak kost di kantin kampus INSTIKI, kampus IT terbaik di Bali dan Nusa Tenggara!

PENGUMUMAN LAINNYA