Tips Jadi Akuntan Freelancer untuk Kamu yang Ingin Kuliah Sambil Bekerja!

Tips Jadi Akuntan Freelancer untuk Kamu yang Ingin Kuliah Sambil Bekerja!

Akuntansi menjadi unsur penting dalam manajemen bisnis maupun perusahaan. Masa depan sebuah perusahaan ditentukan oleh sistem pengelolaan keuangannya. Sebuah sistem yang menjadi dasar bagi pemimpin dalam dalam mengambil keputusan sampai menentukan kebijakan.

Namun sayangnya, tidak semua pebisnis atau pimpinan perusahaan melek akuntansi, di sinilah diperlukan peran seorang akuntan. Banyak perusahaan mencari freelance akuntan untuk membantu menuntaskan urusan keuangan perusahaannya.

Civitas INSTIKI – kampus swasta terbaik di Bali! Inilah sebuah kesempatan untuk kamu yang ingin kuliah sambil bekerja. Dengan fleksibilitas waktu yang dimiliki, profesi seorang akuntan freelancer dapat menjadi solusi. Berikut ini adalah tips menjadi akuntan freelancer oleh kampus IT, bisnis, dan desain terbaik di Bali dan Nusa Tenggara – INSTIKI.

Memiliki Sertifikasi

Jika kamu ingin menjadi akuntan freelancer kamu harus memiliki sertifikasi supaya kamu memiliki kualifikasi resmi menjadi akuntan. Ini merupakan point yang penting untuk kamu lho!

Chartered Accountant Indonesia (CA) merupakan kualifikasi akuntan professional Indonesia sesuai panduan standar internasional yang diberikan sebutan oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Biasanya, calon akuntan harus melewati serangkaian ujian sertifikasi CA. Penyelenggara ujian tersebut adalah Ikatan Akuntan Indonesia (IAI).

Fokus Pada Satu Spesialisasi

Menjadi akuntan freelancer kamu harus fokus pada satu bidang yang kamu minati. Pekerjaan akuntansi dibagi menjadi beberapa bidang, yaitu publik dan perusahaan. Dalam akuntansi bidang publik dan perusahaan memiliki perbedaan yang signifikan.

Tugas utama akuntan publik, seperti menyelesaikan urusan audit, memberikan jasa perpajakan, serta melayani konsultasi manajemen. Orang-orang yang membutuhkan jasa akuntan publik tersebut dapat berkomunikasi langsung dengan mendatangi kantornya. Sementara, akuntan perusahaan terikat dengan instansi swasta tertentu. Ia bekerja di bawah peraturan manajemen perusahaan. Jam kerjanya pun diatur selayaknya karyawan tetap. Jadi, untuk akuntan pemula, sebaiknya fokus pada satu bidang. Kuasai bidang tersebut agar kamu bisa menjadi akuntan yang handal.

Tingkatkan Keahlian

Seiring berkembangnya teknologi, ilmu akuntansi akan semakin berkembang juga. Dalam hal ini banyak sekali metode maupun teknologi baru yang kerap kali muncul setiap tahun, karena itu kamu harus meningkatkan keahlianmu di bidang akuntansi.
Adapun keahlian yang mesti kamu tingkatkan yaitu dalam ilmu komputer, data science, dan analisis data. Selain itu, kamu juga harus tingkatkan soft skill-mu, seperti berpikir kritis, komunikasi, dan kreatif.

Salah satu upaya untuk mengupgrade skill akuntansimu adalah dengan bergabung bersama Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yang memiliki program studi S1 unggulan Teknik Informatika – Komputer Akuntansi dan Bisnis. Kamu tidak hanya akan diajarkan teori saja, namun juga akan berfokus pada praktik dan meningkatkan soft skill-mu lho. INSTIKI akan menjadikan kamu lulusan yang handal dalam ilmu komputer dengan keahlian khusus di bidang akuntansi.

PENGUMUMAN LAINNYA