Belajar Coding! Pakai Python Buat Pekerjaanmu Jadi Lebih Mudah

Belajar Coding! Pakai Python Buat Pekerjaanmu Jadi Lebih Mudah

Pernah merasa buang-buang waktu ketika melakukan suatu pekerjaan? Harusnya kerjaan itu bisa diselesaikan dengan sat-set-sat-set karena sudah berulang kali dilakukan. Belum lagi, kalau kerjaannya itu masih saja ada yang salah.

Eittss, civitas INSTIKI tahu nggak!? Ada salah satu cara mudah mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan Python. Kamu dapat mengotomatiskan tugas harianmu tanpa ribet memakai Python. Untuk penjelasan lengkapnya, simak artikel berikut ini!

Otomatisasi Pelaporan Excel

Pernah membayangkan kamu bisa membuat laporan Excel, seperti menulis rumus, membuat tabel pivot, membuat bagan, sampai memformat lembar kerja dengan cara tidak berulang-ulang? Dengan Python, kamu bisa menggunakan openpyxl dan Pandas untuk mengotomatiskan pembuatan laporan Excelmu tersebut.

Cukup mudah, kamu hanya perlu menginstal Python library bernama mitosheet (aka Mito). Mito bisa membantumu dalam mengelompokkan data dan menghitung statistik. Bagian terbaiknya, Mito bisa menghasilkan kode untuk setiap pengeditan, jadi kamu akan melihat kode Python yang sesuai dengan setiap pengeditan.

Otomatisasi Visualisasi Data

Sebagian besar proyek analisis data diakhiri dengan presentasi yang berisi banyak grafik. Hal ini cukup melelahkan kalau harus memvisualisasikannya secara manual. Tetapi, ketika memakai Python, kamu hanya perlu membaca laporan Excel yang diperbarui dengan Python dan tinggal menjalankan skrip aja semua visualisasi akan dibuat. Berikut ini Langkah-langkahnya!

  • Tulis kode untuk membuat grafik yang kamu inginkan (bisa pakai Google Colab).
  • Tulis bagaimana tampilan data input (file Excel), jadi pastikan nama kolom, bentuk data, tipe data, dan fitur penting lainnya tetap sama di pembaruan berikutnya.
  • Pilih opsi yang tersedia di Python: visualisasi standar dengan Matplotlib/Seaborn atau visualisasi interaktif dengan Pandas/Plotly.

Otomatisasi Web

Salah satu tugas yang cukup menyita waktu yang dilakukan oleh Data Analyst adalah mengunggah file ke situs web klien atau scraping data dari internet setiap hari. Langkah-langkahnya cukup sederhana, namun menguras energi jika harus mengulangi langkah-langkah yang sama ratusan kali berhari-hari.

Untuk mengotomatisasi situs web apapun dengan Python, pertama-tama pikirkan semua langkah yang biasanya kamu ikuti untuk melakukan tugas di situs web, seperti mengklik tombol, memilih elemen dalam dropdown, menggulir ke atas/bawah, masuk ke halaman, dan lainnya. Setelah semua tugas disebutkan, ulangi semua langkah dengan Python menggunakan Selenium. Kamu dapat membuat bot di Selenium yang akan melakukan hampir semua tugas di situs web seolah-olah kamu yang mengendalikannya sendiri.

Kalau sudah tahu cara ini, tentunya dapat memudahkan pekerjaanmu menjadi anti ribet, civitas INSTIKI. Inilah salah satu kelebihan ketika kamu jago bahasa pemrograman Python!

Ingin mempelajari Python lebih dalam lagi dan menjadi programmer handal? Kamu pengen jago coding? Salah satu cara terbaik untuk menguasai bahasa pemrograman seperti Python adalah dengan berkuliah di Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI), kampus swasta terbaik di Bali.

INSTIKI memiliki program studi S1 Teknik Informatika yang belajar seluk-beluk coding, membentukmu menjadi sarjana expert jadi professional IT ataupun entrepreneur. Program studi Teknik Informatika INSTIKI merupakan program studi yang mempelajari tentang ilmu komputer, teknologi perangkat lunak, sampai pada aplikasinya di dunia industri. Pada program studi Teknik Informatika tidak hanya mempelajari konsep dan teori saja, namun juga praktik secara langsung di lapangan. Yuk kuliah di Bali di INSTIKI, professional IT entrepreneur campus!

PENGUMUMAN LAINNYA